Pengembangan Sistem Pakar sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Fisiologi Hewan sub Materi Fisiologi Sirkulasi

Hudiana Hernawan, Purnomo Sidiq

Abstract


Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah
satu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yang
dapat dimanfaatkan, baik oleh mahasiswa maupun dosen.
Bahan ajar yang tersedia saat ini masih konvensional dan
belum dapat meningkatkan minat dan motivasi mahasiswa
untuk mempelajarinya. Disamping itu, metode pembelajaran
yang dipergunakan selama ini masih menggunakan metode
konvensional. Kondisi ini akan membuat kesulitan dan
ketidakmandirian mahasiwa yang pada gilirannya akan
menyebabkan rendahnya mutu pendidikan. Bahan ajar
yang tersedia saat ini masih konvensional dan belum dapat
meningkatkan minat belajar mahasiswa. Tersedianya sumber
belajar yang ekonomis, praktis dan sederhana, fleksibel,
relevan, dan memiliki nilai positif akan mendukung kegiatan
pembelajaran yang lebih efektif serta memudahkan mencapai
tujuan pembelajaran. Salah satu alternatif pemecahan
masalah ini adalah dengan memanfaatkan Teknologi
Informasi. Teknologi informasi (Information Technology)
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan
sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi
yang menggabungkan komputasi komputer dengan jalur
komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara,
dan gambar. Salah satu produk Teknologi Informasi, yaitu
aplikasi Sistem Pakar. Produk ini dapat mengintegrasikan
antara teknologi komputer dengan pembelajaran, tidak hanya
tekstual tapi juga visual. Tujuan dari penelitian ini untuk
merancang dan mengembangkan Sistem Pakar, sedangkan
manfaat yang diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatif
dalam penyediaan bahan ajar Fisiologi Hewan. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development yang terdiri
atas dua tahapan, yaitu proses pengembangan Sistem Pakar
dan analisis produk. Hasil uji validasi produk, menurut ahli
media dan ahli materi secara umum aspek produk penelitian
yang dikembangkan sudah layak. Sedangkan validasi
pengguna, secara umum mahasiswa sangat senang, mudah
memahami, dan mudah mengoperasikan Sistem Pakar.
Tanggapan mahasiswa terhadap produk Sistem Pakar untuk
kategori Quality of end-user interface design termasuk dalam
kriteria baik (56,24%), kategori Engagement termasuk dalam
kriteria sangat baik (64,90%), kategori Interactivity termasuk
dalam kategori sangat baik (63,90%), dan kategori
Tailorability termasuk dalam kriteria baik (52,29%). Secara
keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem
Pakar dapat diterapkan dan layak digunakan sebagai media
pembelajaran untuk mahasiswa Pendidikan Biologi.


Full Text:

PDF

References


Hermawan Warsito, Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia,

Warsita, Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta:

Rineka Cipta, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta, 2010.

Sherwood, "The Develovment and Preliminary Evaluation of Anchored

Instruction Environment for Developing Mathematical and Scientific

Thinking," in The National Association for Research in Science Teaching,

Lake Geneva, 1991.

A Sadiman, Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Susilana Riyana, Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima,

Yanuar Yoga Prasetyawan, "Pengaruh Penerapan Sistem Informasi

Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan di Fakultas

Ekonomi Universitas Dipenogoro Unit S1 Reguler," Universitas

Dipenogoro, Semarang, Skripsi 2010.

Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya.

Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Kusuma, "E-learning dalam Pembelajaran Bahasa," Lentera Pendidikan,

vol. XIV, no. 1, 2011.[11] E.R Kaur, "Importance of Experts System used in Agricultural,"

International Journal of Enhanced Research in Science Technology and

Engineering, vol. 3, no. 5, pp. 265-269, May 2014.

H Geissinger. Educational Software: Criteria for Evaluation. [Online].

www.ascilite.org.au/conferences/perth97/papers/Geissinger/Geissinger.ht

ml, [diakses tanggal 15 Februari 2015].

J.G Gebhard, Teaching English as a Foreign or Second Language: A

Teacher Self-development and Methodology Guide. Michigan: The

University of Michigan Press, 2000.

Turban Efraim, Decesion Support and Expert Systems.: Prentice-Hall

International, 1995.

W Dick and L Carey, The Systematic Design of Instruction. London,

England: Scat Foresman & Company, 1990.

Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda

Karya, 2015.

Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya,

N dan Haryanto, D Ariani, Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman

Pembelajaran Inspiratid, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi

Pustaka, 2010.

Muhammad Arhami, Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi

Offset, 2005.

Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi. Bandung: PT Alfabeta,




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v2i2.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License