Upaya Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Project Based Learning

Maya Masitha Astriani

Abstract


Abstract — The purpose of this study is to describe the creativity of students through the learning of Project Based Learning. The research was conducted with One-Shot Case Study design with 28 students of Mathematics Education study program of Indraprasta PGRI University. The research data is obtained from analysis of report and product observation sheet. Data analysis with percentage technique and processed descriptively. The research result shows that by using project based learning the students are able to develop and produce mathematics props. It is proven by assessment report with range of the score of 80 – 85 and assessment product with range 82 – 88 in the best criteria. It can be concluded that the learning with Project Based Learning model can improve student creativity.

 

Keywords — Project Based Learning, Creativity, Props

 

Abstrak — Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa melalui pembelajaran Project Based Learning. Penelitian dilakukan dengan desain One-Shot Case Study dengan subjek penelitian 28 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Data penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi laporan dan produk. Analisis data dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran proyek, mahasiswa telah mampu mengembangkan dan menghasilkan alat peraga matematika dengan baik, dibuktikan dari penilaian laporan dengan rentang skor yang diperoleh antara 80 sampai dengan 85 dan dari penilaian produk dengan rentang skor 82 sampai dengan 88 dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa.

 

Kata Kunci  — Project Based Learning, Kreativitas, Alat Peraga


Full Text:

PDF

References


R.T. Sari dan Siska Angreni, "Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa," Varia Pendidikan, vol. 30, no. 1, pp. 79-83, 2018.

M. I. Suarsana dan G. A. Mahayukti, "Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa," Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 264-275, 2013.

A. A. Saefudin, "Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)," Albidayah, vol. 4, no. 1, pp. 37-48, 2012.

Rahayu, "Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa," Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 7, pp. 106-110, 2011.

P. C. Tirtiana, "Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X Akt SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervenin," EEAJ, vol. 2, no. 2, pp. 15-23, 2013.

T. P. Tridaya, dkk, "Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah," Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 22-26, 2012.

Y. Abidin, Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.

T. N. H. Yunianta, Rochmad dan A. Rusilowati, "Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Implementasi Project Based Learning dengan Peer and Self-assessment untuk Materi Segiempat Kelas VII SMPN RSBI 1 Juwana di Kabupaten Pati," in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 2012.

The George Lucas Educational Foundation. Instructional Module Project Based Learning. [Online]. http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php

N. Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

E. Estiningsih, Landasan Teknik Pengajaran Hitung SD. Yogyakarta: PPPG Matematika, 1994.

A. R. Lesh, "Applied Problem Solving in Early Mathematics Learning," Northwestern University, Unpublised working paper 1999.

P. Blumenfeld, Soloway, E., Marx, R., Krajcik, J., Guzdial, M., & Palincsar, A, "Motivating Project-based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning," Educational Psychologist, vol. 26, pp. 369-398.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

T. K. Santi, "Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan," Jurnal Ilmiah PROGRESSIF, vol. 7, no. 21, pp. 74-83, 2011.

R. T. Sari, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA SMK," Universitas Negeri Padang, Tesis 2012.

F. Baiq, "Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Mahasiswa pada Mata Kuliah Mikrobiologi Pangan dan Industri," in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, Semarang, 2011.

Y. Doppelt, "Assessment Of Project Based Learning In A Mechatronics Context," Journal of Technology Education, vol. 16, no. 2, pp. 7-24, 2005.

R. Schneider, Kracjik, J., Mark, R.W. & Soloway, E, "Performance of Students in Project-Based Science Classroom on National Measure of Science Achievement," Journal of Research Science Teaching, vol. 39, no. 5, pp. 410-422, 2002.

A. Widyatmoko dan S. D. Pamelasari, "“Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai," Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 51-56, 2012.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License