Perancangan dan Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Praktikum Dengan Performance Assessment Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Di SMAN 6 Garut

Dian Rahadian, Ikeu Suryani, Siti Husnul Bariyah

Abstract


Permasalahan ini di latar belakangi atas permasalahan kurangnya keaktifan siswa kelas X SMA Negeri 6 Garut pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) perancangan penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dengan performance assessment; 2) mengetahui implementasi metode pembelajaran berbasis praktikum dengan performance assessment; dan 3) untuk mengetahui hasil penerapan metode pembelajaran berbasis praktikum dengan performance assessment. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Mix Method, bahwa analisis data dilakukan dengan kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian yang mengacu pada Model ADDIE (Anayisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Model ADDIE ini digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dengan pemilihan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode praktikum dengan performance assessment. Untuk subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Data dikumpulkan dengan observasi/ penelitian secara langsung, penilaian kinerja (performance assessment), angket respon siswa dan observasi guru. Berdasarkan hasil penelitian, untuk implementasi metode pembelajaran berbasis praktikum dengan performance assessment terlebih dahulu merancang RPP sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Setelah perancangan RPP selesai dirancang maka implemenatasinya di sesuaikan dengan rencana yang telah disusun/ dirancang. Untuk hasil penilaian kinerja (performance assessment) didapatkan 67,74% siswa dengan kategori sangat baik,  22,58% siswa dapat dikategorikan memiliki kinerja baik dan 9,68% siswa dikategorikan memiliki kinerja cukup, tidak ada siswa yang memiliki kinerja kurang atau rendah, dan rata-rata nilai penilaian kinerja (performance assessment) yaitu 79,07 menunjukan bahwa penilaian siswa pada Performance Assessment dalam kategori BAIK. Sedangkan, nilai rata-rata angket tanggapan siswa yaitu 83,61% yang termasuk pada kategori angket siswa BAIK / TERTARIK. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dengan performance assessment dapat meningkatkan keaktifan siswa, karena dengan penggunaan performance assessment siswa dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran.

 

Kata kunci :Metode Pembelajaran Berbasis Praktikum, Performance Assessment, Keaktifan Siswa

  

Abstract

    This problem is due to the lack of activeness of class X students of SMA 6 Garut in the subject of Information and Communication Technology. The purpose of this study is to find out: 1) the design of the use of practical based learning methods with performance assessment; 2) knowing the implementation of practicum-based learning methods with performance assessment; and 3) to find out the results of the application of practicum-based learning methods with performance assessment. The research conducted is a type of Mix Method research, that data analysis is done qualitatively and quantitatively with a research design that refers to the ADDIE Model (Anayisis, Design, Development, Implementation and Evaluation). ADDIE model is used to develop learning tools in the form of lesson plans with the selection of learning methods used are practical methods with performance assessment. For research subjects, class X MIPA 2 with a total of 31 students. Data were collected by direct observation / research, performance assessment (questionnaire), student questionnaire responses and teacher observation. Based on the results of the study, for the implementation of practicum-based learning methods with performance assessment in advance designing lesson plans in accordance with the needs and characteristics of students. After the design of the lesson plan is completed, the implementation is adjusted to the plan that has been prepared / designed. For the performance assessment results obtained 67.74% of students with very good categories, 22.58% of students can be categorized as having good performance and 9.68% of students are categorized as having sufficient performance, there are no students who have poor or low performance, and the average value of performance assessment (performance assessment) which is 79.07 shows that the assessment of students on Performance Assessment in the GOOD category. Meanwhile, the average value of the student response questionnaire was 83.61% which was included in the GOOD / INTERESTED student questionnaire. It can be concluded that the use of practical based learning methods with performance assessment can increase student activity, because by using performance assessment students are required to play an active role in learning. Keywords : Practicum Based Learning Method, Performance Assessment, Student Activity

Full Text:

PDF

References


Sudjana, Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production, 2001.

Suprijono, Agus, Cooperatif Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Sudirman, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1992.

Winataputra, Strategi Belajar dan Mengajar IPA. Jakarta: Universitas Terbuka Depdikbud, 1993.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2005.

Stiggins, R.J, Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company, 1994.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikolog Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Creswell, J.W., Research design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar, 2010.

Winarni, E.S., & Harmini, S, Matematika untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Suharsaputra, Metode Penelitian : Kuantittif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT. Refika Aditama, 2012.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License