PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS RAWAT JALAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERORIENTASI OBJEK DI RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT (RSKGM) KOTA BANDUNG

Isnaniah Dzulhajmi, Rini Suwartika Kusumadiarti

Abstract


Rekam medis kedokteran gigi adalah  suatu dokumen yang sistematis mengenai riwayat perawatan kesehatan gigi seorang pasien oleh sarana pelayanan kesehatan. Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Kota Bandung  yang  mengkhususkan diri pada pelayanan gigi dan mulut merupakan Rumah Sakit Khusus tipe C, rumah sakit ini telah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), namun rekam medis masih berupa lembaran-lembaran berkas yang harus diisi kembali baik oleh pasien yang mengisi identitas, maupun dokter/perawat yang telah selesai melakukan pemeriksaan dan tindakan. Selain itu, masalah yang sering terjadi adalah berkas yang sudah dikirimkan ke poli sering terjadi kesalahan dalam pencarian, terkadang berkas tidak ada atau pun belum sampai ke poli sehingga membuat pasien menunggu cukup lama dalam menerima pelayanan rumah sakit.  Perancangan sistem informasi rawat jalan ini menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan penggambaran menggunakan alat bantu Unified Modelling Language (UML) dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Diharapkan melalui perancangan ini proses pelayanan rekam medis dapat lebih efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Sukamto dkk. 2012. Sistem Terpadu Rekam Medik Rumah Sakit Dengan Smart Card. Semarang.

Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan. 2015. Panduan Rekam Medis Kedokteran Gigi. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Saputra, Dimas Eka. 2011. Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Borland Delphi 7 Di Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura. Banjarbaru.

PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 1173 TAHUN 2004 tentang rumah sakit gigi dan mulut.

Nugroho Bunafit. 2009. Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX (6, 7, 2004) dan 8. Yogyakarta:




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License