Implementasi Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran TIK Di Tingkat SMP Sekecamatan Paloh Kabupaten Sambas

Nurbani Nurbani, Maspian Maspian

Abstract


Abstract— This study has a general objective, namely to obtain information objectively about how to implement professional competence for ICT subject teachers at junior high school level in Paloh sub-district, Sambas district. This research is specifically to determine: (1) What is the Competence or Professional Ability of Teachers in ICT Subjects; (2) What is the teacher's ability to prepare learning; (3) How is the teacher's ability in implementing learning. The method in this research is survey research method. The population in this study were all teachers in Paloh sub-district, Sambas district, namely 27 teachers. In this study, data collection techniques are indirect communication techniques and documentary study techniques. The data collection tools in this study were questionnaires and observation sheets. The data analysis technique in the study used descriptive statistical data analysis. The results of the study concluded that: (1) The professional competence of teachers in this study was in the good category with an average of 72%; (2) The teacher's ability to prepare the teaching and learning process in this study was in the good category, namely 79%; (3) The teacher's ability in implementing and evaluating learning is in the very good category with an average of 86%..

Keywords: Teacher Professional Competencies and ICT Subjects

 

Abstrak — Penelitian ini memiliki tujuan secara umum yaitu untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai Bagaimana Implementasi Kompetensi Propesional Guru mata pelajaran TIK ditingkat smp seKecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Penelitian ini secara khusus  untuk mengetahui: (1) Bagaimana Kompetensi atau Kemampuan Profesional Guru Pada Mata Pelajaran TIK; (2) Bagaimana kemampuan guru dalam menyiapkan pembelajaran; (3) Bagaimana kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu metode penelitian survey. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu seluruh guru  sekecamatan Paloh kabupaten Sambas yaitu 27 orang guru. Dalam penelitian ini, teknik pengumpul data yaitu teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kompetensi profesional guru dalam penelitian ini dalam kategori baik dengan  rata-rata sebesar 72%; (2) Kemampuan guru dalam menyiapkan proses belajar mengajar dalam penelitian ini termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 79%; (3) Kemampuan guru dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 86%.

Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru dan Mata Pelajaran TIK

 


Full Text:

PDF

References


D. P. Nasional, “Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,,” dalam Depdiknas, Jakarta, 2005.

R. Indonesia, Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Jakarta: Sekretariat Negara, 2007.

M. Surya, Psikologi Guru konsep dan Aplikasi Dari Guru Untuk Guru, Bandung: Alfabeta, 2014.

Zuldafrial, Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran, Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2017.

Rusman, Manajemen Kurikulum: Seri Manajemen Sekolah Bermutu, Jakarta: PT.Raja Grafindo Indonesia, 2018.

D. d. Z. Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta., 2016.

B. &. Gall, Education Research, New York: Allyn and Bacon., 2003.

P. P. R. Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

H. B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License