Penggunaan Multimedia Interaktif Model Simulasi Untuk Meningkatkan kemampuan Analisis Mahasiswa di IPI Garut. (Quasi Eksperimen pada Praktikum Fisiologi Hewan Jurusan Pendidikan Biologi IPI Garut)

Mrs siti nurkamilah

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan analisis mahasiswa di IPI Garut. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dalam perkuliahan praktikum Fisiologi Hewan dengan menggunakan multimedia interaktif model simulasi. Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan kemampuan analisis mahasiswa yang menggunakan multimedia interaktif dengan mahasiswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas B dengan kelas C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan analisis. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis data Kemampuan analisis dilakukan dengan uji Mann Whitney-U untuk pretes dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peningkatan kemampuan analisis mahasiswa yang menggunakan multimedia interkatif model simulasi lebih baik daripada mahasiswa yang tidak menggunakan multimedia interaktif dalam praktikum fisiologi hewan mengenai sistem pencernaan pada Paramecium sp di IPI Garut. Berdasarkan  hasil penelitian, diajukan saran agar Multimedia interaktif model simulasi dapat digunakan dalam  praktikum di Program Studi Pendidikan Biologi untuk meningkatkan kemampuan analisis mahasiswa, khususnya dalam aspek mengorganisasikan. Kemudian, pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji penggunaan multimedia interaktif model simulasi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kawasan lainnya, baik itu dalam kawasan afektif maupun psikomotorik.

Full Text:

PDF

References


Abrori, saiful.(2014). Pengaruh penggunaan multimedia dan media gambar terhadap hasil belajar siswa SD. Terdapat Dalam [Http://Eprints.Uns.Ac.Id/14140/1/418-1078-1-PB.Pdf]

Agnew, Anne, at all.,(1996). Multimedia in The Classroom. USA: MediaLink Associates, Inc.

Arifin, D.(2012). Pengaruh penerapan CD multimedia Interaktif terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran aspek mengingat dan memahami dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem saraf. IPI Garut

Arifin, Zaenal.(2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi.(2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkaara

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Beetlestone, Florence.(1998). Creative Learning. Philadelphia: Open university Press

Campbbell. (2004). Biologi (Jilid III). Jakarta: Erlangga

--------------.(2011). Biology (Nitht Edition). USA : Person Benjamin. Inc

Darmawan, Deni. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

---------------------. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Yrama Widya.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Diyani, ahmad. (2013). Pengertian teknologi pembelajaran. Terdapat dalam [http://pengertianteknologi pembelajaran.html?m=1]

Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gordon,S dkk. Do Teachers Own Learning Behaviors influence their Classroom Goal Orientation and Control Ideology. USA : University of Southern California

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hasibuan, Zainal.(2007). Metodologi Penelitian dalam Bidang Komputer dan Teknologi Komunikasi. Terdapat dalam [http://id.scribd.com/doc/32083714/Buku-Referensi-Metodologi-Penelitian-METODOLOGI-PENELITIAN-PADA-BIDANG-ILMU-KOMPUTER-DAN-TEKNOLOGI-INFORMASI]

Hefzallah, I.M. (2004). The New Educational Technologies and Learnig. USA : Charles C Thomas. Publisher, LTD.

Hidayat, Soleh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Hughes, A.G& Hughes E.H. (2003). Learning&Teaching. Bandung: Nuansa

http://acenale.wordpress.com/2011/12/21/minat-belajar/

http://sumberrbelajar.files.wordpress.com/2013/09/kawasan-teknologi-pendidikan.pdf

http://sumberrbelajar.files.wordpress.com/2013/09/kawasan-teknologi-pendidikan.pdf

http://eprints.uny.ac.id/9813/2/BAB2%20-%2008111241026.pdf

Husaman. (2013). Fisiologi Sistem Pencernaan pada Hewan. Malang: UNM Terdapat pada [http://www.academia.edu/5612874/SISTEM_PENCERNAAN]

Isnaeni, wiwi. (2006). Fisisologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius

Kemal. (2014). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. Terdapat pada [http://permasalahananakkita.blogspot.com/2011/02/faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan.html]

Kusumawati, Dinar. (2014). Metabolisme. Terdapat pada [http://id.scribd.com/doc/6108825/Metabolisme]

Logman, A. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mishra, S & Sharma R. (2005). Interactive Multimedia In Education and Training.USA: Idea Group Inc

Nuraeni, Eka. (2014). Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Terbaru untuk Jurusan Biologi. Terdapat dalam [http://www.e-bookspdf.org/view/aHR0cDovL2FtYWVrYS5maWxlcy53b3JkcHJlc3MuY29tLzIwMTIvMTEva2F0YS1vcGVyYXNpb25hbC10YWtzb25vbWktYmxvb20tdmVyc2ktYmFydTMucGRm/S2F0YSBPcGVyYXNpb25hbCBUYWtzb25vbWkgQmxvb20gVmVyc2kgQmFydQ==]

Purwanty, Leni. (2010). Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen. Terdapat dalam [http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/pengaruh-penggunaan-multimedia-dalam-mata-pelajaran-akuntansi-terhadap-minat-motivasi-dan-prestasi-belajar-akuntansi-siswa-kelas-x-smk-negeri-1-turen-leny-purwanti-43042.html]

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETHA

Ridwan, Wawan. (2011). Pengaruh Penggunaan Program Microsoft Excel dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Garut: IPI Garut

Sadiman, Arief, dkk. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadulloh, Uyoh. (2003). Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

--------------------. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

---------------------. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sastra, Irwan. (2014). Penerapan CD multimedia Interaktif pada pembelajaran Biologi untuk meningkatkan minat belajar siswa dan penguasaan konsep sistem pencernaan manusia. IPI Garut

Seels, Barbara B. dan Richey, Rita C. (1994).Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya.Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 12. Jakarta. Unit Percetakan UNJ.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Supriadie, Didi dan Darmawan, Deni. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

----------------------. (2013). Psikologi guru kosep dan aplikasi.Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Syiamita. (2013). Ranah Kognitif dalam pembelajaran. Terlihat dalam [https://www.academia.edu/5660348/Ranah_Kognitif_Dalam_Pembelajaran_Domain_Kognitif_Bloom_Instructional_Taxonomies_Bloom_Ausubel_Anderson_Merril_und_Reigeluth]

Utari, Retno. (2014). Taksonomi Bloom. Terdapat dalam [http://www.bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachments/766_1-Taksonomi%20Bloom%20-%20Retno-ok-mima.pdf]

Wahyudin. (2013). Statistika Terapan. Bandng: Mandiri

Wantono. (2008). Hubungan Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Belajar An Motivasi Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas 8 Siswa SMP Negeri Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Terdapat pada [http://eprints.uns.ac.id/5332/1/73690907200904231.pdf]

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta

Waryanto, Hadi. (2009). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran. Yogyakarta: FMIPA UNY

Wikipedia. (2014). Metabolisme. Terdapat pada [http://id.wikipedia.org/wiki/Metabolisme]

Zainal. (2014). Pengertian dan Tujuan Pembelajaran. Terdapat pada [http://www.zainalhakim.web.id/pengertian-dan-tujuan-pembelajaran.htm]




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v4i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License