Dampak Media Sosial Terhadap Konflik di Masyarakat

Suyati Suyati

Abstract


Dalam kehidupan di masyarakat media sosial bukan hal baru lagi. Berbagai usia, tua muda kecil dewasa telah mencicipi jenis teknologi yang semakin berkembang ini. Media sosial mengantarkan masyarakat kepada tatanan kehidupan yang baru. Banyak hal dalam penggunaan media ini yang menimbulkan kemanfaatan, tapi tidak sedikit juga hal yang mengakibatkan kemudharatan dari ketidak bijaknya pemakaian media sosial. Fungsi yang ada dulu semakin mengalami pergeseran seiring berkembangnya media ini. Yang dahulu hanya sebagai media komunikasi dan sarana berbagi sekarang lebih canggih lagi. Hal ini kurang terimbangi di lingkungan masyarakat. Banyak masyarakat yang acuh-tak acuh dalam menggunaan ini. Banyak pula terjadi konflik ditengah masyarakat dari adanya media sosial. Mulai dari tersebarnya hoax, bullying hingga tindak kejahatan dalam bentuk kriminal. Bahkan dalam penggunaannya ada yang mencapai dosis tinggi hingga berada pada titik kecanduan. Dalam meminimalisisr terjadinya konflik dari media sosial, perlu di imbangi pemanfaatan media sosial dengan bijak agar masyarakat dapat memetik kemanfaatan hasil pemakaian media sosial, mengantarkan kepada tatanan kehidupan yang baik, sehingga potensi yang ada pada masyarakat selalu dikembangkan dan tidak sesekali terjadi kemandegan atau kejumudan.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Fahmi. “Perubahan dan Permasalahan Media Sosial”, dalam jurnal Perubahan dan Permasalahan Media Sosial, vol. 1, No. 1, April 2017.

Cahyono, Anang Sugeng “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia” dalam jurnalnya.

Haenlein, Michael. User of the word, unite! The challenges and oppoetunities of Sosial Media, Bussines Horizonz, 2020.

Hamidi. 2010. Teori Komunikasi dan Strategi Dakwah. Malang: UMM Press.

Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

McQuail, Denis. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga, 1992.

Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Remaja Rosydakarya, 2017.

Raharja, Ivan Fauzani “Bijak Menggunakan Media Sosial Di Kalangan Pelajar Menurut Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik”, dalam jurnal selat,vol.6, nomor 2, Mei 2019.

Rahman Arif & Zalik Nuryana, Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0, Yogyakarta: Komojoyo Press, 2019.

Setiadi, Elly M. dan Usman Kolip, Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Tenia, Hilda Pengertian Media Sosial-Fungsi, Ciri, Jenis, Dampak Positif, dan Dampak Negatif, 2017.

Tim Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI, Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI, Jakarta: Rusat Humas Kementrian Perdagangan RI, 2014.

Zarella, The Social Media Marketing Book, Oreilly Media: USA, 2010.

Zeitlin, Irving M. Memahami Kembali Sosiologi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1998.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License