Pemanfaatan Teknologi Audio Visual dengan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran PKn dalam Mengoptimalkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Thoriqulhuda Dano

Jaja - Jamaludin, Uun - Hasanah, Omin - Omin

Abstract


Abstract -This research is done in an effort to find out the use of audio visual technology using recitation method on Civics Subject in optimizing students’ learning achievement, the research’s design is Quasi experiment using two groups. In group learning the experiment uses audio visual aid using recitation method while control class is using recitation method without audio visual aid. Test is used to obtain research to find out aspect of remembering and aspect of understanding in the form of multiple choices. Based on findings result and study it was obtained the conclusion of learning result of students who acquired better learning using recitation and audio visual aid than those of who without audio visual aid it can be seen from experiment class’ average score is 11,94 and control class is 10.41.

Key words: Audio Visual Technology, Recitation Media, Civics Subject

 

Abstrak       Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk mengetahui pemanfaatan teknologi audio visual dengan metode resitasi pada mata pelajaran PKn dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa, desain penelitiannya adalah eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok. Dalam pembelajaran kelompok eksperimen menggunakan alat bantu audio visual dengan metode resitasi sedangkan kelas kontrol menggunakan metode resitasi tanpa bantuan audio visual. Tes digunakan untuk memperoleh penelitian untuk mengetahui aspek mengingat dan aspek pemahaman berupa pilihan ganda. Berdasarkan hasil temuan dan pembelajaran diperoleh kesimpulan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran lebih baik dengan menggunakan alat bantu resitasi dan audio visual dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan alat bantu audio visual terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 11,94 dan kontrol. kelasnya adalah 10.41.

Kata Kunci :   Teknologi Audio Visual, Media Resitasi, Mata Pelajaran PKn

 



Full Text:

PDF

References


D. Darmawan, Teknologi Pembelajaran, 6th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2017.

P. D. Sugiyono, “済無No Title No Title,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

T. Dwi, N. Marwinda, D. P. Matematika, and U. P. Indonesia, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan,” vol. 1, pp. 15–19, 2020.

Y. Agnesti and C. Materials, “Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika,” vol. 9, pp. 347–358, 2020, doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.748.

Umi Hanik, “Strategi dan Metode Pembelajaran,” Tesis, pp. 27–70, 2008, [Online]. Available: http://eprints.walisongo.ac.id/355/4/UmiHanik_Tesis_Bab2.pdf.

Herdiana, “Media Audio Visual,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

B. A. B. Ii and A. K. Teori, “10 . 9,” vol. 2, no. 4, pp. 8–19, 2015.

N. H. Waryanto, “Penggunaan Media Audio Visual dalam Menunjang Pembelajaran *),” Pendidikan, vol. 05, no. 02, pp. 1–8, 2007.

Rosantiana NM, “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran PKn di SMP Muhammadiyah 4 Semarang.,” Penerapan Media Audio Vis. Untuk Meningkat. Has. Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran PKn di SMP Muhammadiyah 4 Semarang., vol. 1, no. 2, pp. 1–58, 2016.

J. Fleming and K. E. Zegwaard, “Methodologies, methods and ethical considerations for conducting research in work-integrated learning,” Int. J. Work. Learn., vol. 19, no. 3, pp. 205–213, 2018.

R. Sundayana, Statistika Penelitian Pendidikan, Alfabeta. Bandung, 2014.

R. (2014). Sundayana, Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License