Optimalisasi TIK Dengan Memanfaatkan Whatsapp Dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19

Erika Nurazizah, Yeti - Nuraeni, Wahyudin - -

Abstract


Abstract — ICT optimization on long distance learning process is required in situation covid-19 pandemic. One of them using Whatsapp in learning physics. Conducted research using Qualitative Deskriptive methode and collecting data using survey, observation and interview on 30 respondents who were students at XI IPA SMA IT ANNISA Kadungora. Respondents fill data through chat and the link sent to WA chat group. The results showed 40% very helped, 53% helped and 7% quite helped in communication of learning. Then 7% very helped, 86% helped and 7% quite helped in delivery of lecture. Data received was not reduce the value than face to face directly. Even it able to increase learning motivation by interactions, improving quality of communication and discussion. Respondents were very enthusiastic and suggested applying it to other learning. For next step to conducts advanced research to know the influence of utilization WA in term of achievement.

 

Keywords— covid-19 pandemic, ICT optimization, Whatsapp, learning physics.

 

Abstrak Optimalisasi TIK pada proses pembelajaran jarak jauh diperlukan pada situasi pandemi Covid-19. Salah satunya menggunakan Whatsapp dalam belajar fisika. Penelitian dilakukan dengan metode Deskriptif Kualitatif dan pengumpulan data menggunakan survey, observasi dan wawancara terhadap 30 responden yang merupakan siswa kelas XI IPA SMA IT ANNISA Kadungora. Responden mengisi data melalui chat dan link yang dikirimkan ke grup chat WA. Hasil penelitian menunjukkan 40% sangat terbantu, 53% terbantu dan 7% cukup terbantu dalam komunikasi pembelajaran. Kemudian 7% sangat terbantu, 86% sangat terbantu dan 7% cukup terbantu dalam penyampaian kuliah. Data yang diterima ternyata tidak mengurangi nilai dibandingkan tatap muka langsung. Bahkan mampu meningkatkan motivasi belajar melalui interaksi, meningkatkan kualitas komunikasi dan diskusi. Responden sangat antusias dan menyarankan untuk menerapkannya pada pembelajaran lain. Untuk langkah selanjutnya melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan WA terhadap pencapaian.

 

Kata Kunci : pandemi covid-19, Optimalisasi TIK, Whatsapp, belajar fisika.


Full Text:

PDF

References


Nuzulia Rega, “10 Kebijakan Pemkab Garut Untuk Waspadai Risiko Virus Corona, Dari Liburkan Sekolah Hingga Hentikan Sementara Rangkaian HUT - Pikiran-Rakyat.” .

K. K. Pemanfaatan, : “Pemanfaatan, Pembelajaran, TIK,” 2015.

D. Supriadi And U. S. Sa, “THE EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING INFORMATION AND ( A Case Study In Bandung Institute Of Technology For The 2015-2016 Period ),” Vol. 9, No. 2, Pp. 139–148, 2017.

A. Akmal, “LOCAL CULTURE AND MORALITY ATTACHMENT TO TPACK FRAMEWORK OF PRE-SERVICE ENGLISH TEACHERS WITHIN THE CHALENGE OF THE 21st CENTURY SKILLS,” Int. J. Educ., Vol. 9, No. 2, P. 113, 2017, Doi: 10.17509/Ije.V9i2.5465.

P. I. Djiwandono, “The Learning Styles Of Millennial Generation In University: A Study In Indonesian Context,” Int. J. Educ., Vol. 10, No. 1, P. 12, 2017, Doi: 10.17509/Ije.V10i1.5085.

S. Experten, “Membedah Tantangan Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19,” 2020.

I. K. R. Arthana, G. R. Dantes, And N. Dantes, “Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Bidang Pendidikan Melalui Penerapan Smart School,” J. Widya Laksana, Vol. 7, No. 1, Pp. 81–91, 2018.

D. Darmawan, Teknologi Pembelajaran, 7th Ed. Bandung: PT Remaja Roadakarya, 2017.

Darmawan.D, Pendidikan Teknologi Informasi Dan Teknologi. Bandung: PT Remaja Roadakarya, 2012.

M. Tekege, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire,” J. FATEKSA J. Teknol. Dan Rekayasa, Vol. 2, No. 1, Pp. 40–52, 2017, [Online]. Available: Https://Uswim.E-Journal.Id/Fateksa/Article/View/38.

- Trisnani, “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat,” J. Komunika J. Komunikasi, Media Dan Inform., Vol. 6, No. 3, 2017, Doi: 10.31504/Komunika.V6i3.1227.

S. W. Utomo And M. Ubaidillah, “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional Di Universitas Pgri Madiun,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., Vol. 6, No. 2, Pp. 199–211, 2018, Doi: 10.31800/Jtp.Kw.V6n2.P199--211.

A. (2016) Rohmadi, Tips Produktif Bersosial Media. Jakarta: Gramedia, 2016.

K. Khusaini, A. Suyudi, W. Winarto, And S. Sugiyanto, “Optimalisasi Penggunaan Whatsapp Dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika,” J. Ris. Dan Kaji. Pendidik. Fis., Vol. 4, No. 1, P. 1, 2017, Doi: 10.12928/Jrkpf.V4i1.6462.

M. Daheri, Juliana, Deriwanto, And A. D. Amda, “Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring,” J. Basicedu, Vol. 3, No. 2, Pp. 524–532, 2020, Doi: 10.31004/Basicedu.V4i4.445.

W. A. F. Dewi, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., Vol. 2, No. 1, Pp. 55–61, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License