Model Search, Solve, Create, and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy

Authors

  • Anisatul Islami Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Maifalinda Fatra Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Femmy Diwidian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1508

Keywords:

Model SSCS, self-efficacy, berpikir komputasi matematis, SSCS model, mathematical computational thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model SSCS terhadap kemampuan berpikir komputasi matematis berdasarkan self efficacy. Desain yang digunakan quasi eksperimen dengan rancangan factorial design 2x2. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Analisis data dengan ANOVA dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir komputasi matematis kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, kemampuan berpikir komputasi matematis dengan self efficacy tinggi lebih tinggi daripada siswa dengan self efficacy rendah, tidak terdapat interaksi antara model SSCS dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir komputasi matematis. Model SSCS memiliki pengaruh yang tergolong sedang terhadap kemampuan berpikir komputasi matematis berdasarkan self efficacy.

This research aims to analyze the influence of the SSCS model on mathematical computational thinking abilities based on self-efficacy. The design used was quasi-experimental with a 2x2 factorial design. Data was collected through tests and questionnaires. Data analysis with two-way ANOVA. The results showed that the mathematical computational thinking ability of the experimental class was higher than the control class, the mathematical computational thinking ability with high self-efficacy was higher than students with low self-efficacy, and there was no interaction between the SSCS model and self-efficacy in mathematical computational thinking ability. The SSCS model has a moderate influence on mathematical computational thinking abilities based on self-efficacy.

References

Adetia, R., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 526–536.

Alwisol. (2019). Psikologi Kepribadian (Edisi Revi). UMM Press.

Amelia, A. (2020). Pengaruh Model Cooperative Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Azizia, A. J., Kusmaryono, I., Maharani, H. R., & Arifuddin, A. (2023). Students’ Computational Thinking Process in Solving PISA Problems of Change and Relationship Content Reviewed from Students’ Self Efficacy. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 12(1), 112.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. W. H. Freeman and Company.

Batul, F. A., Pambudi, D. S., & Prihandoko, A. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model SSCS dengan Pendekatan RME dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1282.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 33–35.

Costa, E. J. F., Campos, L. M. R. S., & Guerrero, D. D. S. (2017). Computational thinking in mathematics education: A joint approach to encourage problem-solving ability. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 2017-Octob, 1–8.

Dagiene, V., Sentance, S., & Stupuriene, G. (2017). Developing a Two-Dimensional Categorization System for Educational Tasks in Informatics. Informatica (Netherlands), 28(1), 23–44.

Daimah, U. S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(02), 131–139.

Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 71–78.

DH, S., Irfan, M., Amran, M., & Muspidiyanti, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JPPSD (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar), 1(4), 558–565.

Dimyati, A. (2019). Penerapan Model SSCS Problem Solving dengan Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 1(2), 117–133.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. In Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional (p. 324). Penerbit Teras.

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian. In Terj. Smita Prahita Sjahputri (Jilid 2). Penerbit Salemba Humanika.

Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. In I. L. Kurniawati (Ed.), LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (Eighth). McGraw-Hill.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 24–30.

Kalelioglu, F. (2018). Computational Thinking in the STEM Disciplines: Foundations and Research Highlights (M. S. Khine (ed.)). Springer International Publishing.

Kamil, R., Imami, A. I., & Abadi, A. P. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259–270.

Ni’am, M. K., Lia, L., Salsabila, N. A., Fitriyani, N., & Sari, N. H. M. (2022). Pembelajaran Matematika berbasis Computational Thinking di Era Kurikulum Merdeka Belajar. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 66–75.

OECD. (2023a). PISA 2022 Results: Factsheets Indonesia.

OECD. (2023b). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education: Vol. I (Issue 2). OECD Publishing.

Rodríguez-Martínez, J. A., González-Calero, J. A., & Sáez-López, J. M. (2020). Computational thinking and mathematics using Scratch: an experiment with sixth-grade students. Interactive Learning Environments, 28(3), 316–327.

Rosawati, E. E., & Dwiningsih, K. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Pada Materi Ikatan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 494–502.

Schleicher, A. (2023). PISA 2022: Insights and Interpretations. OECD.

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–3086.

Suciawati, V. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Didactical Mathematics, 2(1), 17–22.

Supiarmo, M. G., Turmudi, & Susanti, E. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Numeracy, 8(1), 58–72.

Tiyaswati, I., Sarwanto, & Sukarmin. (2021). Students’ creative and innovation skill on chapter of Newton’s law using SSCS learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1).

Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran: Berbasis Teknologi Informasi (Syamsidar (ed.)). IAIN Parepare Nusantara Press.

Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2022). Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115–126.

Yuliarini, S., & Ruhimat, T. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Educational Technologia, 2(2), 153–166.

Yusnaeni, & Corebima, A. D. (2017). Empowering students’ metacognitive skills on sscs learning model integrated with metacognitive strategy. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(5), 3476–3481.

Zahid, M. Z. (2020). Telaah Kerangka Kerja PISA 2021: Era Integrasi Computational Thinking dalam Bidang Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(2020), 706–713.

Zulkarnain, Zulnaidi, H., Heleni, S., & Syafri, M. (2020). Effects of SSCS Teaching Model on Students’ Mathematical Problemsolving Ability and Self-efficacy. International Journal of Instruction, 14(1), 475–488.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Islami, A., Fatra, M., & Diwidian, F. (2023). Model Search, Solve, Create, and Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Matematis Siswa Berdasarkan Self Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 453–468. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1508

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.