Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data

Cici Farida, Destiniar Destiniar, Nyiayu Fahriza Fuadiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran berbasis Video Animasi pada materi penyajian data yang valid, praktis dan memiliki efektifitas yang baik terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model Penelitian dan Pengembangan dengan 10 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Objek penelitian adalah media pembelajaran berbasis video animasi pada materi penyajian data kelas VII. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis video animasi yang memiliki kelebihan seperti penyajian materi yang ditampilkan menggunakan media animasi sehingga selain mudah dibaca juga lebih menarik untuk membantu proses pembelajaran daring maupun tatap muka. Berdasarkan analisis media pembelajaran berbasis video animasi pada materi penyajian data kelas VII diperoleh hasil dari aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek efektifitas. a) aspek kevalidan diperoleh kriteria sangat valid berdasarkan penilaian validator dengan total skor rata-rata sebesar 93%; b) aspek kepraktisan diperoleh kriteria praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 86%; c) aspek efektifitas terhadap hasil belajar peserta didik dengan kriteria baik berdasarkan tes hasil belajar dengan persentase ketuntasan sebesar 81,8%.

This study aims to produce an Animation Video-based Learning Media product on data presentation material that is valid, practical and has good effectiveness on student learning outcomes. This study uses the Research and Development model with 10 stages, namely potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, usage trial, product revision and mass production. The object of research is an animated video-based learning media in class VII data presentation material. The results of this study are in the form of animated video-based learning media which have advantages such as presenting the material displayed using animated media so that in addition to being easy to read, it is also more interesting to help the online and face-to-face learning process. Based on the analysis of animated video-based learning media on the data presentation material for class VII, the results obtained from aspects of validity, aspects of practicality and aspects of effectiveness. a) aspects of validity obtained very valid criteria based on the assessment of the validator with a total average score of 93%; b) practical aspects obtained practical criteria based on student response questionnaires with an average score of 86%; c) aspects of effectiveness on student learning outcomes with good criteria based on learning outcomes tests with a percentage of completeness of 81.8%.


Keywords


Valid; Praktis; Efektifitas; Valid; Practical; Effective

Full Text:

PDF

References


Adiansyah, A. &. (2018). Representasi Matematis Menggunakan Pendekatan PMRI dan LSLC Materi Operasi Bentuk Aljabar di Kelas VII. Doctoral Dissertation, Sriwijaya University.

Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching Research Journal, 13(4), 42-78.

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan MacroMedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 27-40.

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Arianti, R., Indrawati, & Wicaksono, I. (2020). Efektivitas Media Video Animasi Materi Pemanasan Global Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 92-103.

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Malang: Literasi Nusantara.

Haviz, M. (2016). Research and Development : Penelitian di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta'dib, 16.

Iswara, E., Darhim, D., & Juandi, D. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385-394.

J. van den Akker, R. B. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Dortrech: Kluwer Academic Publishers.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 48-52.

Khairani, A., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Video Scribe Untuk Statistika Siswa kelas IV. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama, 219-238.

Kumaat, T. D. (2020). Belajar Menyenangkan Dengan Media Video Animasi. Jambura Elementary Education Journal, 83-90.

Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa antara Model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 249-262.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Limbong, T., Napitupulu, E., & Sriadhi. (2020). Multimedia Editing Video dengan Corel Videostudio X10. Yayasan Kita Menulis.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 173-179.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V. Ejournal Unesa, 893-903.

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553-564.

Mutaqin, E. J., Hernawan, H., & Muhadi, F. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Matematika Guru dan Siswa Kelas III dalam Tema 2 Revisi 2018. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 459-468.

Purwanto, N. (2017). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Rochimah, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SD Sumberagung Peterongan Jombang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogiga.

Wulandari, S., & Rahma, I. F. (2021). Efektivitas Media Video Kine Master Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Secara Daring. Jurnal Analisa, 33-45.




DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika


View My Stats