Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video

Dian Elyana, Andhika Ayu Wulandari, Ori Bandiningaih Tri Mulyani

Abstract


Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu media pembelajaran yang lebih menarik selama pembelajaran jarak jauh. Media pembelajaran yang menarik seperti video sangat diperlukan dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika dalam pembelajaran jarak jauh berbasis video. Subjek penelitian, yaitu siswa kelas XII IPS pada salah satu SMA di Tawangsari. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tugas sebelum dan sesudah tindakan. Tindakan terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 82,11 dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor 87,51, sehingga terdapat peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Pembelajaran jarak jauh berbasis video terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Information and Communication Technology can be used to create a more interesting learning media during distance learning. Interesting learning media such as videos are indispensable in distance learning. This study aims to improve mathematics learning achievement in video-based distance learning. The research subjects were students of class XII social studies at a high school in Tawangsari. This research method is classroom action research. Data collection techniques are carried out by giving tasks before and after the action. The action consists of two cycles, namely cycle 1 and cycle 2. Each cycle consists of four stages, namely planning (planning), implementing (acting), observing (observing), and reflecting (reflecting). The results showed that in cycle 1 the average score was 82.11 and in cycle 2 an average score was 87.51, so there was an increase in learning achievement from cycle 1 to cycle 2. Video-based distance learning was proven to improve learning achievement. student.


Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh; Prestasi Belajar Matematika; Video Pembelajaran; Distance Learning; Mathematics Learning Achievement; Learning Videos.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, B. M (2013). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Media Adobe Flash Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 2 Wuryantoro Tahun Ajaran 2012/2013. Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aqib, dkk. (2011). Penelitian tindakan kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati. (2017). Pemanfaatan Pembelajaran Daring. UNJ.

Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring Di Tengah Pandemi COVID-19.

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.

Hasanah, Hilmi, M., Wulandari, Ayu, A.., & Nur, R. (2020). Google meet dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS-3 SMAN 1 Tawangsari. (2020). Google meet dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS-3 SMAN 1 Tawangsari. JP2M: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(1), 1-9.

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154- 159.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-36.

Kristiawan, M., & Muhaimin, M. (2019). Teachers’ Obstacles In Utilizing Information and Communication Technology. International Journal of Educational Review, 1(2), 56-61.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take And Give Dalam Upaya Mengembangkan kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perunbahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP: Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119-125.

Pane, Aprida., & Dasopang, M.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Purwanti, Budi (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-47.

Roida. E. F. S. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122-131.

Silberman, M. 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk mengajar secara aktif. Jakarta barat: PT Indeks.

Siregar, N.R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika:Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prodising Penemuan Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224-232.

Sunendar, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-112.




DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika


View My Stats