Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Muhammad Haikal Abror

Abstract


Self-regulated learning merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran untuk mengendalikan diri dalam berpikir maupun bertindak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional dan expost facto. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII dan VIII pada salah satu SMP Negeri di Kota Serang dengan rincian 20 siswa kelas VII dan 20 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berbentuk non-tes yang berisi butir positif dan negatif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis inferensial menggunakan software SPSS 25.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh self-regulated learning atau kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. 

Self-regulated learning is one of the important factors in learning to control oneself in thinking and acting. The purpose of this study was to determine the effect of self-regulated learning on students' mathematics learning outcomes. This research method is descriptive and quantitative with correlational and exposed facto types. The research sample consisted of students in grades VII and VIII at one of the public junior high schools in Serang City with details of 20 students in class VII and 20 students in class VIII. The instrument used is in the form of a non-test containing positive and negative items. The data analysis technique was carried out by inferential analysis using SPSS 25.00 software. The results showed that there was no effect of self-regulated learning or independent learning on students' mathematics learning outcomes.


Keywords


Self-regulated Learning; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar Matematika; Self-regulated Learning; Learning Independence; Mathematics learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Al Addawiyah, A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.

Anggraeni, N. S., & Sundayana, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Team Quiz Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 469-480.

Anthonysamy, L., Ah Choo, K., & Soon Hin, H. (2021). Investigating Self-Regulated Learning Strategies for Digital Learning Relevancy. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(1), 29-64.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 421-434.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382-389.

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. INSPIRAMATIKA, 8(1).

De Klerk, E. D., & Palmer, J. M. (2019). Validating learner autonomy in higher Education towards transformative self-regulated learning. Proceedings of SOCIOINT 2019-6th International Conference on Education, Social Sciences and Humanities.

Dewi, N., dkk. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PHYTAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(1), 48-54.

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155.

Fitriatien, S. R., & Mutianingsih, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Mata Kuliah Operasional Riset melalui Self Regulated Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 95-106.

Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 101-110.

Kerlin, B.A. (1992). Cognitive engagement style, Self regulated learning and cooperative learning.

Landita, A., Kodirun, & Makkulau. (2019). Penerapan Pendekatan Problem Solving Ditinjau dari Self Regulated Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 12–22.

Lodge, J. M., Panadero, E., Broadbent, J., & de Barba, P. G. (2018). Supporting self-regulated learning with learning analytics. In Learning analytics in the classroom (pp. 45-55). Routledge.

Lusiana, L., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155-166.

Maass, K., Geiger, V., Ariza, M. R., & Goos, M. (2019). The role of mathematics in interdisciplinary STEM education. ZDM, 51(6), 869-884.

Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.

Muali, C., Islam, S., Bali, M. E. I., Baharun, H., Mundiri, A., Jasri, M., & Fauzi, A. (2018, November). Free Online Learning Based on Rich Internet Applications; The Experimentation of Critical Thinking about Student Learning Style. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1114, No. 1, p. 012024). IOP Publishing.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 1-10.

Rashidov, A., & Rasulov, T. (2020). The usage of foreign experience in effective organization of teaching activities in Mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 3068-3071.

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh penerapan media unomath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521-532.

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381-388.

Sari, N. K., & Hasibuan, N. H. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Rasa Percaya Diri, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 49-59.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-39.

Susilawati, D. (2009). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Matematika Siswa Kelas X SMA N 1 Gamping Dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika UNY.

Widana, W. & Muliani, P., L. (2020). Uji Prasyarat Analisis. Lumajang: Klik Media.

Yeh, C., & Otis, B. M. (2019). Mathematics for whom: Reframing and humanizing mathematics. Occasional Paper Series, 2019(41), 8.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. TEOREMA: Jurnal Teori Dan Riset Matematika. 1(1).




DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika


View My Stats