Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, E. A., & Turmudi, T. (2022). Prospective teachers’ thinking through realistic mathematics education based emergent modeling in fractions. Jurnal Elemen, 8(2), 605-618.
Agustina, T. B., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model STAD dan TPS. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 315-326.
Al Addawiyah, A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.
Anggoro, B. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Lead Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11 – 20.
Arimurti, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459-470.
Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara model eliciting activities dan discovery learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78-87.
Cahyati, K. N. (2013). Pengaruh Jadwal Pelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Al-Islam 1. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan.
Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara contextual teaching and learning dan problem-based learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.
Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2), 145-155.
Endrawati, L. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Contextual And Teaching Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI Ips 3 Di Sma Negeri 1 Soko. Education and Human Development Journal, 3(1).
Harahap, T. H. (2015). Penerapan Contextual Teaching and Learning untukMeningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Kelas VII SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. JurnalEdutech, 1(1).
Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim. Kompas. 4 Desember 2019. Jakarta.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85-99.
Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.
Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP terhadap Materi Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333-344.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.
Mulin, M., Sudarmiani, S., & Rifai, M. (2022). Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Video dalam Pembelajaran IPS guna meningkatkan HOTS Siswa Kelas VIIA SMPN 3 Sambit. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(1), 67-79.
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553-564.
NCTM. (2000). Principle and Standards for Schools Mathematics. USA: Reston.V.A.
Purdianta, E. (2017). Penerapan Bentuk-bentuk Representasi yang Dipergunakan Siswa Kelas VII A dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel SMP Pangudi Luhur Moyudan. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307-318.
Rahlan, I., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui CTL dan SAVI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 493-504.
Ratnawati, R., & Nanang, N. (2014). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik antara yang Menggunakan Pembelajaran Kontekstual dengan Problem Based Learning di Mts Al-Mu’amalah Garut. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43-54.
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2), 33-44.
Sadiyono, B., & Sri, S. (2014). Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Bidang Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 67-74.
Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan model discovery learning pada materi fungsi invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285-296.
Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 291-302.
Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483-492.
Suwanti, S., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 303-314.
Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519-530.
Yuningsih, A. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di MTs Negeri Subang. BIORMATIKA, 3(1),16-23.
Zhoga, E. F. E., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 16-38.
DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
View My Stats