Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Belief Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

Rini Fauziah Sari, Ekasatya Aldila Afriansyah

Abstract


Beberapa penelitian menyatakan bahwa siswa SMP, SMA, maupun SMK memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis yang rendah. Bagaimana matematika yang diajarkan di kelas, sedikit demi sedikit mempengaruhi kepercayaan siswa terhadap matematika sehingga belief siswa terhadap matematika dipengaruhi situasi pembelajaran di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berada di Desa Wanakerta berjumlah 7 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket belief, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk kategori sedang dengan persentase sebesar 58% dan belief siswa termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 76%.Several studies state that junior high, high school, and vocational high school students have low mathematical creative thinking skills. How mathematics is taught in class, little by little affects students' belief in mathematics so that students' belief in mathematics is influenced by learning situations in class. This study aims to determine students’ mathematical creative thinking skills and beliefs in the material of linear equations and inequalities. The type of research used in this research is qualitative research. The research. The research method used is the descriptive analysis method The subjects in this study were grade VIII students who were in Wanakerta Village, which numbered 7 students. The sampling technique in this study is a purposive sampling technique. The data collection technique used is a mathematical creative thinking skills test, belief questionnaire, interviews, and field notes. The data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result showed that students’ creative thinking skills were in the medium category with a percentage of 58% and students’ beliefs were in the good category with a percentage of 76%.

Keywords


Belief; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Persamaan; Pertidaksamaan Linear; Belief; Mathematical Creative Thinking Skills; Linear Equations; Inequality

Full Text:

PDF

References


Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.239-248

Apriansyah, D., & Ramdani, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa MTs Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.

Collins, K. H., Price, E. F., Hanson, L., & Neaves, D. (2020). Consequences of stereotype threat and imposter syndrome: The personal journey from stem-practitioner to stem-educator for four women of color. Taboo: The Journal of Culture and Education, 19(4), 10.

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. INSPIRAMATIKA, 8(1).

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.

Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55–68.

Ha, H., & Ha, M. (2022). Exploring Korean scientists’ perceptions of scientific creativity and education for scientific creativity. International Journal of Science Education, 1-25.

Isharyadi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Beliefs Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 68–76.

Isharyadi, R., & Deswita, H. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Pythagoras, 6(1), 1–10.

Ismara, L., Halini, & Suratman, D. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1–8.

Karlina, A., Masi, L., & Kodirun. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Bentuk Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1–14.

Mardiani, D. (2019). Model Accelerated Learning Cycle dalam Pembelajaran Pertidaksamaan Linear dan Nilai Mutlak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 483-492.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis kesulitan siswa mts kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (spldv) ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237-246.

Muenks, K., Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2018). I can do this! The development and calibration of children’s expectations for success and competence beliefs. Developmental Review, 48, 24-39.

Nuranggraeni, E., & Effendi, K. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Persamaan Linear satu Variabel dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel. Prosiding Sesiomadika, 233–245.

Nurmi, A., Hannula, M., Maijala, H., & Pehkonen, E. (2003). On Pupils’ Self-Confidence in Mathematics: Gender Comparisons. International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, 453–460.

Park, W., Wu, J. Y., & Erduran, S. (2020). The nature of STEM disciplines in the science education standards documents from the USA, Korea and Taiwan. Science & Education, 29(4), 899-927.

Perera, H. N., & John, J. E. (2020). Teachers’ self-efficacy beliefs for teaching math: Relations with teacher and student outcomes. Contemporary Educational Psychology, 61, 101842.

PISA. (2015). Programme For International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2015. Retrieved from http://timss2015.org/wp-content/uploads/filebase/full pdfs/T15-International-Results-in-Mathematics-Grade-4.pdf

PISA. (2018). PISA 2018 Result. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Rashidov, A., & Rasulov, T. (2020). The usage of foreign experience in effective organization of teaching activities in Mathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 3068-3071.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177.

Saddiati, D., & Nuriadin, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Peluang dengan Pendekatan Open-Ended Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1711–1720.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185.

Su, A., Wan, S., He, W., & Dong, L. (2021). Effect of intelligence mindsets on math achievement for Chinese primary school students: math self-efficacy and failure beliefs as mediators. Frontiers in psychology, 12, 640349.

Sulastri, L., & Arhasy, E. A. R. (2017). Kajian Learning Obstacles Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikkan Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 151–159.

Surat, I. M. (2016). Pembentukan Karakter dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. EMASAINS, 5(1), 57–65.

Tamba, K. P. (2021). Hubungan Keyakinan dan Noticing dari Calon Guru Sekolah Dasar Mengenai Asesmen Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 461-470.

Thorpe, J. A. (2018). Algebra: What should we teach and how should we teach it?. In Research issues in the learning and teaching of algebra (pp. 11-24). Routledge.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 383–394. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.383-394

Wahyuni, D., Arianti, N. M., & Syahbana, A. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Beliefs Siswa Pada Pembelajaran Open-Ended dan Konvensional. Edumatica, 03(01), 35–41.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika


View My Stats