Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berbantuan Aplikasi Wingeom pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Fuad Hidayat, Puji Lestari

Abstract


Media pembelajaran yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan siswa khususnya pada materi Geometri Ruang sehingga kurang efektif untuk mengoptimalkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kelas XII MIPA di salah satu MAN di Ciamis Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian berupa instrumen tes. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukan persentase 12,50% siswa masuk kategori tinggi, 70,83% siswa pada kategori sedang, dan 16,67% siswa pada kategori rendah. Disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas XII MIPA di salah satu MAN di Darussalam Ciamis pada materi Geometri Ruang berada pada kategori sedang.

The learning media used are not in accordance with the needs of students, especially in the material of Spatial Geometry so that it is less effective in optimizing students' mathematical representation abilities. This study aims to determine the mathematical representation abilities of class XII MIPA at one of MAN in Ciamis students in the 2021/2022 academic year. The method in this research is descriptive research with a qualitative approach. The research instrument is a test instrument. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation, and inference. The results showed that the percentage of 12.50% of students was in the high category, 70.83% of students were in the medium category, and 16.67% of students were in the low category. It was concluded that the mathematical representation ability of class XII MIPA students at one of MAN in Ciamis in Spatial Geometry material was in the medium category.


Keywords


Kemampuan Representasi Matematis; Wingeom; Geometri Ruang; Mathematical Representation Ability; Wingeom; Spatial Geometry.

Full Text:

PDF

References


Agusni. (2013). Penggunaan Media Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 13(1), 29–33.

Ain, H., Baidowi, B., & Hapipi, H. (2020). Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 273–279.

Akmal, N. (2022). Software Wingeom: Alternatif Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Geometri. Al-Qalasadi, 6(1), 16-23.

Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Online Submission, 7(2), 90-109.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asry, L. (2020). Hubungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Biram Samtani Sains, 4(1), 1–12.

Baiduri, B., Ismail, A. D., & Sulfiyah, R. (2020). Understanding the concept of visualization phase student in geometry learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(2), 2353-2359.

Dewanto, S. (2008). Peranan Kemampuan Akademik Awal, Self-Efficacy, dan Variabel Nonkognitif Lain terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, 2(2), 123-133.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18.

Fonna, M. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. NUMERACY, 3(1), 63–72.

Fonna, M., & Mursalin, M. (2018). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 391–402.

Haji, S., dkk. (2017). Developing Students’ Ability of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Infinity Journal, 6(1), 11-20.

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation, 4(1), 47-59.

Hardianti, R. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5).

Hartono, H., Firdaus, M., & Sipriyanti, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Materi Fungsi dengan Pendekatan Open Ended pada Siswa Kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Eksponen, 9(1), 08–20.

Kim, J. (2020). Learning and teaching online during Covid-19: Experiences of student teachers in an early childhood education practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145-158.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Luritawaty, I. P., Herman, T., & Prabawanto, S. (2022). Analisis Cara Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 191- 202.

Muinah, Badawi, & Ariyantika, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wingeom terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Mathematic Education and Aplication, 3(1), 1–9.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nur’aini, I. L., dkk. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri secara Realistis dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1-6.

Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online university teaching during and after the Covid-19 crisis: Refocusing teacher presence and learning activity. Postdigital science and education, 2(3), 923-945.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Surakarta: FKIP UMS.

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459-470.




DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika


View My Stats