Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika berbasis TIK yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup:

  • Desain Pembelajaran Matematika
  • Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran
  • Pengembangan Media/Aplikasi Pembelajaran Matematika
  • Alat Peraga Pembelajaran Matematika
  • Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran
  • Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran
  • Media Pembelajaran berbasis IT
  • Penelitian Tindakan Kelas
  • Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika
Khusus untuk hasil penelitian, metode penelitian yang digunakan dapat menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian campuran, penelitian pengembangan, penelitian desain, ataupun jenis penelitian lainnya yang berkaitan dengan topik di atas.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Kebijakan review untuk Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME)

  1. Setiap artikel yang masuk akan diterima dan diperiksa oleh Editor-in-Chief. Artikel yang scope dan format penulisannya masih tidak sesuai dengan kriteria jurnal ini, maka akan ditolak tanpa masuk lebih lanjut pada proses manajemen review.
  2. Artikel yang sudah sesuai dengan kriteria jurnal akan diteruskan pada Section Editor untuk di proses lebih lanjut.
  3. Editor Section akan menugaskan minimal dua reviewer tiap artikel, dengan kemungkinan langsung diterima/ diterima dengan sedikit revisi/ diterima dengan banyak revisi/ ditolak. Reviewer ketiga akan ditugaskan ketika terjadi kemungkinan diantara kedua reviewer memiliki keputusan yang berbeda.
  4. Proses Review menggunakan Double Blind Peer Review, artinya reviewer tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis pun tidak mengetahui identitas reviewer.
  5. Dalam proses review, reviewer menalkukan kajian dan memberi pertimbangan terkait dengan kesesuaian antara judul, abstrak, metode, pembahasan (hasil temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga memberi pertimbangan terkait dengan kebaruan, dampak ilmiah, teori referensi kekinian, dan hasil temuan.
  6. Hasil review dari kedua reviewer diterima oleh Section Editor untuk dikaji dan disampaikan kepada penulis, sebagai pertimbangan dan masukan untuk perbaikan.
  7. Penulis merevisi artikel sesuai dengan masukan dan saran dari kedua reviewer. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
  8. Section Editor menerima artikel hasil revisi untuk diperiksa similaritas atau unsur-unsur plagiasi dengan menggunakan Turnitin.
  9. Jika hasil similaritas masih cukup besar, artikel dikembalikan kepada penulis untuk direvisi kembali. Setelah selesai, penulis menyerahkan kembali hasil revisi artikel pada Section Editor.
  10. Editor Section memeriksa benar tidaknya revisi yang dilakukan oleh penulis. Jikalau sudah benar, Section Editor memberikan keputusan final apakah artikel diterima atau ditolak, berdasarkan perbaikan substansi dan manajemen artikel yang telah sesuai dengan kriteria artikel Jurnal PowerMathEdu.
  11. Editor-in-Chief bersama dengan Section Editor memproses artikel-artikel yang diterima untuk dilanjutkan ke tahap proses editing dan publishing.
  12. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) tidak akan menggaransi atau menjanjikan keberterimaan suatu artikel atau proses review yang sangat singat kepada siapapun. Setiap artikel yang masuk, wajib mengikuti proses manajemen penerbitan artikel, dari mulai submit artikel sampai dengan artikel tersebut di publish.
  13. Seluruh proses manajemen penerbitan artikel dilaksanakan secara penuh berbasis OJS.
Artikel
Centang Naskah TerbukaCentang DiindeksCentang Telah di-Peer review

 

Publication Frequency

Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Juni, dan Oktober.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Plagiarism Tools

Setiap naskah yang akan diterbitkan di PowerMathEdu perlu terlebih dahulu dilakukan proses pengecekan plagiarisme menggunakan software-software yang mendukung, seperti: Plagiarism Checker X, Turnitin, iThenticate, dsb.

Setelah itu, dalam proses manajemen publikasi PowerMathEdu, setiap naskah akan diperiksa menggunakan Turnitin dengan maksimal similaritynya adalah 30%, jika masih lebih diharapkan author merevisi naskahnya kembali.

 

Management Reference

Artikel yang dikirimkan ke Jurnal PowerMathEdu disarankan menggunakan aplikasi Manajemen Referensi seperti Mendeley, Zotero, dan/atau EndNote.

 

Article Cancellation/Withdrawal

Penulis tidak diperkenankan untuk membatalkan atau menarik naskah artikelnya, karena pembatalan naskah berdampak pada terbuangnya tenaga dan waktu berharga yang telah dicurahkan oleh editor dan reviewer, begitu juga dana yang telah diinvestasikan oleh pengelola pada artikel tersebut.

Apabila ada penulis yang tetap berkeinginan untuk meminta pembatalan/penarikan artikel ketika artikel berada dalam manajemen proses penerbitan artikel, maka penulis dikenakan denda penalty yang harus dibayarkan, dengan kriteria:

  1. telah masuk pada mitra bebestari untuk proses reviewer, denda sebesar Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per naskah.
  2. telah diterima dan masuk proses editing, denda sebesar Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) per naskah.
  3. telah diterima dan sudah dipublish secara online, denda sebesar Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah) per naskah.

Bagaimanapun juga pembatalan/penarikan artikel yang telah diserahkan kepada pengelola jurnal PowerMathEdu bukan merupakan hal yang etis dilakukan. Adapun pembatalan/penarikan artikel yang disebabkan karena artikel penulis diterima pada suatu jurnal, ataupun alasan lainnya.

Pembatalan/penarikan artikel hanya dapat dilakukan setelah denda dibayarkan kepada pengelola jurnal. Bila penulis tidak setuju untuk membayar denda, maka penulis dan affiliasinya akan dilarang mempublikasikan tulisan pada jurnal ini, dan nama penulis atas kasus ini akan disebarluaskan secara nasional pada jurnal-jurnal lainnya.

 

Publication Frequency

Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Artikel-artikel dipublikasikan secara kolektif sesuai dengan jadwal terbit, biasanya di akhir bulan.

 

Editor Guidelines

Editor sebagai salah satu user pada PowerMathEdu memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas pengelolaan jurnal. Oleh karena itu, PowerMathEdu membuat panduan bagi editor yang mengacu kepada panduan bagi editor yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh editor dalam meninjau suatu naskah yang dikirim oleh penulis:

  1. Apakah penelitian ilmiah valid dan disajikan dengan jelas; misalnya apakah ukuran sampel memadai? apakah hasil disajikan secara memadai dan dijelaskan secara jelas? apakah peneliti mempertimbangkan mempertimbangkan faktor bias yang mungkin terjadi? apakah studi ini berkontribusi cukup terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat diterima?
  2. Apakah tidak ada pelanggaran etika dalam proses penelitian maupun penulisan naskah?
  3. Apakah memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan kerugiannya?
  4. Jika ada keraguan tentang hukum atau peraturan tertentu, editor harus mengklarifikasi ini dengan penulis dan minta mereka untuk memberikan surat dari komite etika penelitian individu atau etika penelitian di suatu instansi.

Disamping itu, editor juga harus mempertimbangkan apakah naskah yang dikirim penulis sudah memenuhi focus and scope, panduan dan template penulisan artikel pada PowerMathEdu. Disamping itu, walaupun penulis sudah ditugaskan untuk mengecek plagiasi artikelnya, editor juga disarankan untuk mengecek kembali tingkat similarity suatu naskah dengan menggunakan Turnitin (pengecekan setelah penulis submit dan pengecekan sebelum publish).

 

Reviewer Gudelines

Reviewer sebagai salah satu user pada PowerMathEdu memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas dan integritas suatu naskah yang masuk ke PowerMathEdu. Oleh karena itu, PowerMathEdu membuat panduan bagi reviewer yang mengacu kepada panduan bagi reviewer yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan menjadi seorang reviewer yaitu:

  1. bertanggung jawab secara profesional 
  2. objektif
  3. ketepatan waktu dalam mereview

Selanjutnya, selama proses review, reviewer harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Langkah awal: Baca naskah, file data pelengkap (jika ada), dan materi tambahan secara menyeluruh (jika ada), kembalilah ke jurnal jika ada yang tidak jelas dan meminta sesuatu tidak lengkap yang Anda butuhkan. Jangan hubungi penulis secara langsung tanpa izin jurnal. 
  2. Kerahasiaan: Hormati kerahasiaan proses review dan hentikan penggunaan informasi yang diperoleh selama proses review untuk keuntungan Anda sendiri atau orang lain, atau merugikan atau mendiskreditkan orang lain Jangan melibatkan orang lain dalam review naskah tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dari jurnal.

  3. Bias dan kepentingan: Reviewer harus berlaku adil, objektif dan tidak boleh rasis. Jika Anda tidak cocok dengan naskah yang ditugaskan oleh editor, sebaiknya informasikan ke editor mengenai hal tersebut agar naskah tersebut direview oleh reviewer lain yang sesuai dengan bidangnya.

  4. Kecurigaan pelanggaran etika: Jika Anda menemukan ketidakberesan sehubungan dengan penelitian dan etika publikasi, informasikan kepada jurnal. Misalnya, Anda mungkin memiliki kekhawatiran bahwa kesalahan terjadi selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah, atau Anda mungkin melihat kemiripan substansial antara naskah dan pengiriman bersamaan ke jurnal lain atau artikel yang dipublikasikan atau masalah etika lainnya, hubungi editor secara langsung mengenai hal tersebut dan jangan mencoba untuk menyelidiki sendiri. Adalah tepat untuk bekerja sama dengan jurnal, tetapi tidak secara pribadi menyelidiki lebih lanjut kecuali jurnal meminta informasi tambahan atau saran.

  5. Pengalihan review: Jika Anda sudah mereview suatu artikel di jurnal lain dan artikel tersebut ditolak dan dikirim ke PowerMathEdu, maka Anda sebaiknya mereview kembali naskah tersebut, mungkin naskah sudah mengalami perbaikan dan Anda sudah mengetahui kekurangan naskah tersebut sebelumnya.

Sebelum meberikan komentar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Format: Ikuti petunjuk jurnal dalam memberikan komentar. Jika diperlukan format atau rubrik skor tertentu, gunakan alat yang disediakan oleh jurnal. Anda harus obyektif dan konstruktif dalam memberikan komentar, berikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka. Bersikaplah profesional dan tidak bersikap memusuhi atau meradang dan dari membuat komentar pribadi yang mencemarkan atau menghina penulis.
  2. Umpan balik yang tepat: Ingatlah bahwa editor memerlukan penilaian yang adil, jujur, dan tidak bias terhadap kekuatan dan kelemahan naskah. Anda sebaiknya memberikan rekomendasi apakah naskah tersebut diterima / direvisi / ditolak; setiap rekomendasi harus sesuai dengan komentar yang diberikan dalam ulasan. Pastikan komentar dan rekomendasi Anda kepada editor konsisten dengan laporan Anda untuk penulis.
  3. Bahasa dan gaya: gunakan bahasa dan gaya penulisan yang dapat dipahami oleh penulis dan editor.
  4. Saran untuk pekerjaan lebih lanjut: Anda harus memberikan saran jika ada sesuatu hal yang keliru atau tidak ada dalam naskah sehingga penulis akan menambahkan informasi yang Anda maksudkan tersebut.
  5. Akuntabilitas: Jangan membuat komentar negatif yang tidak adil atau termasuk kritik yang tidak dibenarkan. Jangan menyarankan penulis menyertakan kutipan karya Anda (atau rekan kerja) hanya untuk meningkatkan jumlah kutipan atau untuk meningkatkan visibilitas pekerjaan Anda atau rekan Anda; saran harus didasarkan pada alasan akademis yang valid. Jangan sengaja memperpanjang proses review, baik dengan menunda pengiriman review Anda atau dengan meminta informasi tambahan yang tidak perlu dari jurnal atau penulis.

Adapun tahapan-tahapan melakukan review pada akun reviewer yaitu:

  1. Login menggunakan akun reviewer.
  2. Klik judul artikel yang akan direview atau yang ditugaskan untuk direview.
  3. Berikan respon, jika bersedia mereview klik 'Will do the review', lalu kirim email kepada editor dengan cara klik tanda email disamping 'Will do the review' tersebut. Namun, jika tidak bersedia mereview klik 'Unable to do the review', lalu kirim email kepada editor dengan cara klik tanda email disamping 'Unable to do the review' tersebut.
  4. Jika bersedia melakukan review, maka reviewer harus mempedomani panduan dan template penulisan artikel. 
  5. Download artikel dengan cara klik file artikel.
  6. Berikan komentar secara online dengan cara klik tanda 'Review form', centang yang sesuai dengan artikel. Berikan komentar juga secara langsung pada file artikel.
  7. Reviewer HARUS mengupload file artikel yang sudah dikomentari langsung pada artikel tersebut dengan cara klik 'Choose File' (pilih file artikel yang sudah dikomentari), lalu klik 'Upload'.
  8. Berikan rekomendasi kepada editor mengenai status artikel dengan cara pilih salah satu 'Recommendation', lalu klik 'Submit Review To Editor'.

 

Publication Ethics

Kode etik pada Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) ini mengikuti panduan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Inti dari kode etik ini adalah menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu (a) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (b) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (b) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Kode etik ini berlaku bagi semua pengguna Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) diantaranya adalah pengelola jurnal, editor, reviewer, dan penulis.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan penulis.
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan.
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan.
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif.
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang.
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan.
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab penulis.
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi.
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan.
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik.
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi.
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan.
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi.
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif.
  15. Mendorong penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Reviewer

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak. 
  3. Menjaga privasi penulis dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi.
  4. Mendorong penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis.
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain).

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar penulis memenuhi kriteria sebagai penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber data (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.

Penulis diharuskan mengisi, menandatangani (bermaterai), dan mengirimkan Surat Pernyataan Etika sebagai lampiran file pada saat penyerahan naskah (submit artikel langkah ke-4). 

 

KODE ETIK & KEBIJAKAN PLAGIARISME

 Kode Etik Penulisan Artikel

  1. Penulis bertanggung jawab terhadap keseluruhan isi dari artikel yang meliputi metode, analisis, perhitungan dan rincian.
  2. Penulis segera merespon komentar yang dibuat oleh peer review secara profesional dan tepat waktu.
  3. Penulis harus menginformasikan editor jika mereka menarik kembali makalah mereka.
  4. Penulis menggambarkan keterbatasan dalam penelitian ini.
  5. Penulis menghormati penerbit jika tulisan yang dikirimkan, karena satu dan lain hal, tidak jadi diterbitkan.
  6. Penulis menginformasikan editor makalah yang merupakan bagian dari penelitian yang bertahap, multidisiplin dan perspektif yang berbeda.
  7. Penulis membuat pernyataan bahwa makalah yang dikirim untuk publikasi adalah asli, belum pernah dipublikasikan dimana saja dalam bahasa apapun, dan tidak dalam proses pengajuan ke penerbit lain.
  8. Jika ada kesalahan dalam makalah, penulis harus segera memberitahukan editor atau penerbit.
  9. Penggunaan bahan dari publikasi lainnya yang dilindungi hak cipta, harus diberi izin tertulis dan rasa syukur.
  10. Penulis mengacu kepada pekerjaan orang lain yang sesuai dikutipan dan kutipan yang digunakan dalam makalah.
  11. Saat menyampaikan penemuan-penemuan baru atau meningkatkan penemuan, penulis harus menyebutkan pekerjaan sebelumnya, peneliti/penulis/pendiri.
  12. Penulis tidak diperbolehkan untuk memberikan bibliografi dari publikasi jika mereka tidak membaca publikasi.
  13. Jika diminta, penulis menyiapkan bukti bahwa penelitian telah memenuhi persyaratan etika penelitian termasuk catatan lapangan.
  14. Penulis merespon jika ada komentar atau umpan balik setelah makalah diterbitkan.

Kebijakan Plagiarisme

Yang termasuk ke dalam plagiat sebagai berikut:

  1. Merujuk dan/atau mengutip istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data atau informasi dari sumber tanpa mengutip sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  2. Merujuk atau mengutip istilah acak, kata-kata atau kalimat dan informasi dari sumber tanpa mengutip sumber dalam catatan kutipan atau tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  3. Menggunakan ide, pendapat, pandangan atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  4. Merumuskan kata-kata atau kalimat sendiri dari sumber kata-kata atau frase, ide, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  5. Menyerahkan karya ilmiah yang dihasilkan atau diterbitkan oleh orang lain sebagai sumber karya ilmiah tanpa mengungkapkan secara memadai.

Pengecekan Plagiarisme

Editor melakukan pengecekan plagiarisme sebanyak 1 kali yaitu sebelum terbit: Artikel dicek kembali menggunakan Turnitin setelah artikel dinyatakan layak untuk diterbitkan dan dilakukan sebelum artikel dipublikasikan.

Sanksi

Jika penulis terbukti melakukan duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, plagiarisme, atau menerbitkan satu naskah di dua atau lebih jurnal berbeda maka penulis diberikan sanksi berupa pencabutan artikel, pembatalan publikasi, penulis menjadi black-list dari Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME).

 

Copyright and License

Hak Cipta:

Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY 4.0

  1. Penulis mengakui bahwa Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0
  2. Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME)
  3. Penulis dapat menggabung, mengubah, atau merevisi materi pada tulisannya, dan mendistribusikannya dengan pengakuan naskah asli telah diterbitkan terlebih dahulu pada Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) 


Lisensi:

Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0 
Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.

 

Plagiarism Policy

Tim Editorial Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) mengakui bahwa plagiat tidak dapat diterima. Karena itu, Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan spesifik (hukuman) bila plagiat diidentifikasi dalam sebuah artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME).

Definisi:
Plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.

Oleh karena itu, artikel harus asli, belum pernah diterbitkan, dan tidak dalam proses menunggu publikasi di tempat lain. Materi yang diambil secara verbal dari sumber lain perlu diidentifikasi secara jelas sehingga berbeda dari teks asli, atau dengan kata lain perlu mem-pharafrase dalam melakukan kutipan dari sumber lain.

Jika teridentifikasi plagiat, maka, Editor-in-Chief bertanggung jawab atas peninjauan kembali artikel tersebut dan akan menyetujui tindakan sesuai dengan tingkat plagiat yang terdeteksi melalui pengecekan Turnitin, dengan pedoman berikut:

Persentase Plagiarism
1. Persentase Similarity: 30%-50%.
Tindakan: Penulis diberi peringatan dan permintaan untuk mengubah teks dan mengutip dengan benar.
2. Persentase Similarity: 51%-100%.
Tindakan: Artikel yang diajukan ditolak untuk publikasi di Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) dan penulis diberi sanksi untuk tidak diperbolehkan publikasi di Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME).

Semua penulis artikel bertanggung jawab atas isi artikel yang mereka kirimkan karena mereka semua menandatangani Formulir Surat Pernyataan Etika Publikasi/ Ethics' Statement Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME). Jika Artikel tergolong plagiat, maka semua penulis akan dikenai tindakan yang sama.

Jika Penulis terbukti mengajukan naskah ke Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) dengan secara bersamaan mengirimkan juga ke Jurnal lain, dan tumpang tindih ini ditemukan selama proses reviewer atau setelah publikasi, maka diberi tindakan sesuai point 2 di atas.