Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel

Ersa Siti Fatimah, Rostina Sundayana

Abstract


The reality on the ground shows that students' ability to make mathematical connections is still relatively low. The purpose of this study was to determine the ability of mathematical connections based on the mathematical disposition of students on the material of a two-variable linear equation system in Jayaraga village. The population in this study were students of SMP/MTs equivalent in Jayaraga village, while the sample was selected based on a purposive sampling technique of 3 students. The analysis of the results of this study shows that the mathematical connection ability and mathematical disposition: (1) The students' mathematical connection ability and mathematical disposition are in the medium category. (2) The level of mathematical disposition ability tends to affect the level of students' mathematical connection abilities. Students who have a high level of mathematical disposition ability tend to have better mathematical connection abilities. Students who have a moderate level of mathematical disposition ability tend to have ordinary mathematical connection abilities. And students who have a low level of mathematical disposition skills tend to have low mathematical connection abilities. 

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan koneksi matematis masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematik siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di desa Jayaraga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP/MTs sederajat yang berada di desa jayaraga, sedangkan sampel dipilih berdasarkan teknik purposive sampling sebanyak 3 orang siswa. Analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematik: (1) Kemampuan koneksi matematis dan disposisi matematik siswa masing-masing termasuk ke dalam kategori sedang. (2) Tingkat kemampuan disposisi matematik cenderung mempengaruhi tingkat kemampuan koneksi matematis siswa. Siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematik tingkat kategori tinggi cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis lebih baik. Siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematik tingkat kategori sedang cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis yang biasa. Dan siswa yang memiliki kemampuan disposisi matematik tingkat kategori rendah cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis yang rendah.


Keywords


Learning Mathematical Connection Capability; Mathematical Disposition; Linear Equation of Two Variables; Kemampuan Koneksi Matematis; Disposisi Matematis; Persamaan Linear Dua Variabel

Full Text:

PDF

References


Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161-178.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Developing the students’ ability in understanding mathematics and self-confidence with VBA for Excel. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 45-56.

Daryanto, & Rahardjo, M. (2015). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah. Jakarta: Depdiknas.

Dorn, E., Hancock, B., Sarakatsannis, J., & Viruleg, E. (2020). COVID-19 and learning loss—disparities grow and students need help. McKinsey & Company, December, 8, 6-7.

Dreher, A., Lindmeier, A., Heinze, A., & Niemand, C. (2018). What kind of content knowledge do secondary mathematics teachers need?. Journal für Mathematik-Didaktik, 39(2), 319-341.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Guntur, A. P. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Studi Kasus di Kelas VII SMPN SATU Atap 2 Terisi Indramayu.

Hermawan, A., dkk. (2007). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339-352.

Indriani, R., & Sritresna, T. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121-130.

Istiqomah, Q., & Nurulhaq, C. (2021). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Ekspositori. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135-144.

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69-80.

Latipah, E. D. P., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 17(1).

Marlina, dkk. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan DIsposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Nurhayati, N., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan koneksi matematis siswa SMP melalui pendekatan open-ended dengan setting kooperatif tipe NHT. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81-92.

Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45-64.

NCTM. (1989). Profesional Standard For Teaching Mathematics. Virginia.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Nurkamilah, M., Mirawati, M., & Arumsari, C. (2018). Disposisi matematis anak usia dini (studi kasus di kelompok a paud permata hati aisyiyah tasikmalaya). Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 19-29.

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.

Rahlan, I., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui CTL dan SAVI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 493-504.

Ramadhani, M., Sukamto, S., & Damayani, A. T. (2020). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SDN 01 Kebonsari Kabupaten Temanggung Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 1(1), 37-48.

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 173-185.

Ruspiani. (2000). Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis PPSUPI. Bandung.

Setiawan, F. T. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa SMK kelas XI. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Shoimin, A. (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Sopandi, A. (2010). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Melalui Pemodelan Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik.

Sudjana. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik.

Suminat, L. A. (2014). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk- write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematik siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 21-29.

Suminat, L. A. (2014). Efektifitas strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk- write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematik siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2).

Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syaban, M. (2009). Menumbuhkan kembangkan daya dan disposisi Matematis siswa SMA melalui Model Pembelajaran Investiges.

Tramonti, M., & Paneva-Marinova, D. I. (2019). Maths, art and technology: A combination for an effective study. TEM Journal, 8(1), 82-86.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tidak diterbitkan.

Wardani, S. (2008). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi UPI. Bandung.

Wardani, S. (2012). Pembelajaran inkuiri model silver untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa sekolah menengah atas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 9-16.

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N., Pramiarsih, E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(6), 60-78.

Yeh, C. Y., Cheng, H. N., Chen, Z. H., Liao, C. C., & Chan, T. W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1), 1-19.

Yuanari, N. (2011). Penerapan Strategi Think-Talk-Write sebagai Upaya Mengingkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis siswa kelas VII SMPN 5 Wates Kulonprogo. Thesis pada UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ersa Siti Fatimah, Rostina Sundayana