Kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi perpangkatan dan bentuk akar secara daring pada masa pandemi covid-19 di desa jayaraga

Pranitha Agustina Hidayat, Reni Nuraeni

Abstract


Mathematical understanding ability is the ability to classify mathematical objects and be able to interpret mathematical ideas or concepts. Online learning or electronic learning (e-learning) is an electronic-based learning process, towards the continuity of learning activities during the COVID-19 pandemic in accordance with policies issued by the government by using various media that support learning. This study aims to determine the ability of students' mathematical understanding in solving problems on the matter of Powers and Root Forms. The type of research used is qualitative research. This research was conducted in Jayaraga Village with research subjects of as many as three junior high school students in class IX. The data collection techniques in this research are using written tests and interviews. The results of this study indicate that students who have a high mathematical understanding ability are able to complete 3 indicators of mathematical understanding ability, while students who have a moderate mathematical understanding ability are only able to complete 2 indicators of mathematical understanding ability, and students who have the low mathematical understanding ability are not able to complete all indicators of understanding ability mathematical.

 

Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan mengklasifikasikan objek-objek matematika dan mampu menginterpretasikan gagasan atau konsep matematika. Pembelajaran daring atau pembelajaran elektronik (e-learning) merupakan sebuah proses pembelajaran berbasis elektronik, terhadap keberlangsungan kegiatan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Jayaraga dengan subjek penelitian sebanyak tiga orang siswa SMP kelas IX. Adapun teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah menggunakan tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi mampu menyelesaikan 3 indikator kemampuan pemahaman matematis, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang hanya mampu menyelesaikan 2 indikator kemampuan pemahaman matematis dan siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah tidak mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan pemahaman matematis.


Keywords


Pemahaman Matematis; Bentuk Perpangkatan; Bentuk Akar; Mathematical Understanding; Powers Forms; Root Forms

Full Text:

PDF

References


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 68–78.

Anggraeni, D., & Sumarmo, U. (2013). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa SMK Melalui Pendekatan Kontekstual Dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create (Fslc). Infinity Journal, 2(1), 1.

Angraini, P., & Prahmana, R. C. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Bentuk Pangkat, Akar, Dan Logaritma Di SMK. Journal of Honai Math, 1(1), 1.

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221-232.

Daryanto, K., & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Jihad, A., & Lasmanah, A. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika di SMP. Jurnal Analisa, 5(2), 199–205.

Khairani, B. P., Maimunnah, & Roza, Y. (2021). SMA / MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47-56.

Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Think Pair Share dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353-362.

Margana, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 18-25.

Muniri, M., & Yulistiyah, E. (2022). Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Implusif. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 201-210.

Nurbayan, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi aritmatika sosial. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 93-102.

Pradiarti, R. A., & Subanji, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379-390.

Praja, E. S., Setiyani, Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Kelas XI Pada Materi Vektor Selama Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 12.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.

Ristiani, A., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis dan self-esteem siswa pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 37-46.

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Sanidah, S., & Sumartini, T. S. (2022). Kesulitan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita spldv dengan menggunakan langkah polya di desa cihikeu. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 15-26.

Sari, F. Y., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 95-106.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150.

Setyaningtyas, A. D., Dwiyana, & Muksar, M. (2018). Miskonsepsi Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bentuk Akar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 731–738.

Sugiarti., & Basuki. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. JPI, 151–158.

Sulastri, E., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 289-302.

Sunarto, M. T., Laa, S. P. Y. O., Mahtuum, Z. A. R., Siagian, G. T., & Afrilianto, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 85-94.

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 440–446.

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57-68.




DOI: https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pranitha Agustina Hidayat, Reni Nuraeni