PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN YANG BERBASIS POWER POINT MODEL POP UP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOSAKATA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Abstrak.Penelitian ini berlatarbelakang dari pengalaman siswa-siswa yang ada di SMA Muhammadiyah Banyuresmi Garut, yang mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab khususnya materi kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang menggunakan media audio visual model powerpoint berbasis Pop Up dengan model konvensional pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Banyuresmi Garut. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, membandingkan kelas eksperimen kuasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes awal (prates) dan tes akhir (pascates) yang diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian : 1) penggunaan media audio visual dalam pembelajaran materi kosakata identitas diri mengenalkan orang lain dengan mo del powerpoint berbasis Pop Up dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA di SMA Muhammadiyah Banyuresmi Garut, menggunakan model powerpoint berbasis Pop Up pembelajaran bahasa Arab sangat efektif. 3) data hasil penelitian setelah di analisis, diperoleh hasil nilai thitung = 4.071, dan bandingkan dengan t tabel = 1.991 maka didapat t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan.
Kata Kunci. Powerpoint, bahasa Arab, Pop UP
Abstract.This research is based on the experience of students in SMA Muhammadiyah Banyuresmi Garut, who have difficulty in learning Arabic especially vocabulary material. This study aims to determine differences in learning outcomes that use audio visual media powerpoint model based on Pop Up with conventional model in the class X students in SMA Muhammadiyah Banyuresmi Garut. The method used is quasi experiment with quantitative approach, comparing quasi experiment class. Data collection is done by conducting pretest and final tests (pascates) applied to the experimental class and control class. The result of research: 1) the use of audio visual media in the learning of vocabulary material of self identity introducing others with Poptop based mo del powerpoint can improve student learning outcomes; 2) efforts are made to improve the learning outcomes of students of class X MIA in SMA Muhammadiyah Banyuresmi Garut, using powerpoint model based on Pop Up learning Arabic very effective. 3) data result of research after analysis, obtained result of tcount = 4,071, and compare with t table = 1.991 then got t count> t table so Ho rejected and Ha accepted, meaning there are difference of significant learning result.
Keywords. Powerpoint, Arabic, Pop UP
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,S. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipt
_________(2012).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta:BumiAksara.
Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran : Metode Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, D. )2010(. Pemrograman Pembelajaran : Computer Assisted Instruction. Konsep dan Aplikasi. Bandung : Arum Mandiri.
Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A., (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.
Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.
Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.
____________. )2012(. Inovasi Pendidikan : Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung : Remaja Rosdakarya
____________. )2012(. Teknologi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Kustandi, C dan Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta : PT Ghalia Indonesia.
Nasution, N dan Suryanto, A. (2000). Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Nasution. )2012(. Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.
Rahadi, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Ruseffendi, E.T. (1991). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Ruswandi dan Badrudin. (2008). Media Pembelajaran. Bandung : CV. Insan Mandiri.31
Sadiman, A (2008). Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
___________(2011). Belajar dan Mengajar ; Interaksi dan Motivasi Jakarta :
PT Raja Grafindo Persada.
Sadulloh, U (2010). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana, Prenada Media Grup.
____________(2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana, Prenada Media Grup.
Sudjana, Nana. (2005). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sundayana, R. )2010(. Statistika Penelitian Pendidikan. STKIP Garut Press : Garut.
Sugiyono. )2010(. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Surakhmad, Winarno. )1994(. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar dan Metode Teknik. Bandung. Tarsito.
Surya, M. )2004(. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
________. )2012(. Menjadi Guru : Saripati Pengalaman Limapuluh Tahun Berhidmat Sebagai Guru. Bandung : Buletin Mitra Surya.
________. dkk. )2010(. Landasan Pendidikan : Menjadi Guru Yang Baik. Bogor : Ghalia Indonesia.
Sukmadinata, N.S.(2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syamsudin, A . (1998). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Tarigan, Henry Guntur. )1994(. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Trianto.(2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya : Prestasi Pustaka
Warsita, Bambang (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Wahyudin. (2013). Statistika Terapan. Bandung : Mandiri.
Winaputra. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : UT.
DOI: https://doi.org/10.31980/tp.v2i2.144
DOI (PDF): https://doi.org/10.31980/tp.v2i2.144.g163
Refbacks
- There are currently no refbacks.