PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING SUITE 10 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS
Keywords:
multimedia interaktif, kemampuan berpikir kritis, interactive multimedia, critical thinking skillAbstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPS menjadi masalah krusial dalam pembelajaran abad 21. Pendayagunaan teknologi pendidikan, salah satunya multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 10 menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS di kelas VII SMPN 1 Wanaraja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan jenis pre-eksperimen, yang melibatkan kelas VII A SMPN 1 Wanaraja, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 40 orang. Adapun desain yang digunakan ialah One-Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan hasil uji statistika menggunakan uji regresi linier sederhana, didapat persamaan Y = 35,978 + 2,498 X, dengan interpretasi koefisien regresi bernilai positif. Dengan demikian, arah pengaruh variabel X terhadap Y ialah positif. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Ai Faridawaty. (2022). Application of Interactive Multimedia Based on iSpring Suite 10 to Improve Critical Thinking Skills in Social Studies Learning (Experimental Research on Economic Activity Materials in VII Grade SMPN 1 Wanaraja) The low critical thinking ability of students in social studies is a crucial problem in 21st century learning. The utilization of educational technology, one of which is interactive multimedia based on iSpring Suite 10, is an alternative solution to improve students' critical thinking skills in social studies in class of VII SMPN 1 Wanaraja. This study aims to determine the effect of interactive multimedia on critical thinking skills. This research is an experimental study, with a pre-experimental type, involving class VII A of SMPN 1 Wanaraja, with a total of 40 research subjects. The design used is One-Group Pretest Posttest Design. Based on the results of statistical tests using a simple linear regression test, the equation Y = 35,978 + 2,498 X, with the interpretation of the regression coefficient is positive. Thus, the direction of the influence of the variable X on Y is positive. Based on these results, it can be concluded that interactive multimedia has a significant effect on students' critical thinking skills.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.