PORTOFOLIO AKADEMIK MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI SWAY DI TK NURURROSYIDAH BAYONGBONG – GARUT
Keywords:
Portofolio, Akademik, TK, Aplikasi Sway, Academic, Kindergarten, Sway AppAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menderkripsikan portofolio akademik melalui pemanfaatan aplikasi sway di TK Nurrrrosyidah Bayongbong-Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Adapun batasan penelitian ini adalah terhadap penyusunan portofolio format digital berbasis aplikasi sway sebagai bentuk alternatif penilaian proses pembelajaran melalui intervensi teknologi informasi yang diharapkan akan memberikan kemudahan dalam penyajian dan penyimpanan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa portofolio kegiatan anak melalui aplikasi Sway dalam penilaian hasil belajar dengan lokasi penelitian di Penelitian di TK Nururrosyidah Bayongbong Tahun Ajaran 2021-2022 dapat berfungsi secara optimal. Portifolio kegiatan anak dapat di akses dengan mudah baik oleh guru dan orang tua. Kumpulan foto dan video kegiatan yang merepresentasikan capaian perkembangan anak sebagai bahan informasi yang dapat disampaikan kepada orang tua maupun pihak terkait untuk keperluan lebih lanjut. Dapat di akses kapanpun melalui link yang terhubung dengan produk.
The purpose of this study was to examine and describe academic portfolio through the use of sway application at TK Nururrosyidah bayongbong – garut. This research use descriptive qualitative approach. Data collection techniques werw carried out through obsevation, interviews and document analysis. The limitation of this research is the preparation of a digital format portfolio based on the sway aplication as an alternative form of assessment of the learning process through information technology interventions wich are expected to provide convience in presentation and storage. The results of the study show that the portfolio of children’s activities through the sway aplication in the assessment of learning outcomes with research locations in the research at Nururrosyidah Bayongbong Kindergarten in the 2021-2022 academic year can function optimally. Portfolio of children’s activities can be accessed easily by both teachers and parents. A collection of the photos and videos of activities that represent the achievements of children’s development as information material that can be conveyed to parentss and intererested parties for futher purposes. Can be accessed at any time via a link connected to the product.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.