PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PAKUWON 1 KECAMATAN GARUT KOTA KABUPATEN GARUT
Keywords:
Model Pembelajaran RME, media video, motivasi belajar, hasil belajar matematika, RME Learning Model, learning motivation, mathematics learning outcomesAbstract
Pengaruh model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan media video perlu diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan media video terhadap peningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Pakuwon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut. Subjek penelitian kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas control sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar matematika siswa sebelum diterapkan (RME) diperoleh nilai 54,9%. Sedangkan hasil hitungan motivasi siswa sesudah proses pembelajaran (RME) berbantuan media video hasilnya 81,1%. Hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan pembelajaran (RME) berbantuan media video pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 69.73, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata sebesar 69.67. Sedangkan hasil belajar matematika setelah diterapkan pembelajaran (RME) berbantuan media video pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 87.00, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 74.60. kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran RME terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Pakuwon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut.
Pengaruh model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan media video perlu diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan media video terhadap peningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Pakuwon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut. Subjek penelitian kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas control sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan motivasi belajar matematika siswa sebelum diterapkan (RME) diperoleh nilai 54,9%. Sedangkan hasil hitungan motivasi siswa sesudah proses pembelajaran (RME) berbantuan media video hasilnya 81,1%. Hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan pembelajaran (RME) berbantuan media video pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 69.73, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata sebesar 69.67. Sedangkan hasil belajar matematika setelah diterapkan pembelajaran (RME) berbantuan media video pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 87.00, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 74.60. kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran RME terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Pakuwon Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut.
Kata Kunci: Model Pembelajaran RME, media video, motivasi belajar, hasil belajar matematika.
Abstract
The influence of the RME (Realistic Mathematics Education) learning model assisted by video media needs to be applied to increase learning motivation and student learning outcomes in mathematics. This study aims to determine the effect of the RME (Realistic Mathematics Education) learning model assisted by video media on increasing learning motivation and mathematics learning outcomes for fifth grade students at SDN 1 Pakuwon, Garut District, Garut Regency. The experimental class research subjects were 30 students and the control class were 30 students. The research method used is a quantitative research with a Quasi Experimental Design with a Non Equivalent Control Group Design. The results showed that students' motivation to learn mathematics before being applied (RME) obtained a value of 54.9%. While the results of calculating student motivation after the learning process (RME) assisted by video media is 81.1%. The students' mathematics learning outcomes before applying video-assisted learning (RME) in the experimental class averaged 69.73, while in the control class the average was 69.67. While the results of learning mathematics after applying video-assisted learning (RME) in the experimental class with an average value of 87.00, while in the control class the average value is 74.60. The conclusion of this study is that there is an influence of the RME learning model on learning motivation and mathematics learning outcomes for fifth grade students at SDN 1 Pakuwon, Garut District, Garut Regency City.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.