EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL BERBASIS ISPRING SUITE 10 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
multimedia interaktif, hasil belajar, interactive multimedia, learning outcomesAbstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menjadi masalah krusial dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Pendayagunaan teknologi pendidikan, salah satunya multimedia interaktif model tutorial berbasis iSpring Suite 10 menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 10 serta peningkatannya terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan jenis kuasi eksperimen, yang melibatkan kelas IV SDN 2 Bungbulang, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 19 orang pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen dengan pengolahan uji t berpasangan, didapat hasil nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 atau < 0,05, sehingga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan antara variabel awal (pretest) dengan variabel akhir (posttest). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 10 efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik.
The low learning outcomes of students in thematic learning is a crucial problem in learning in elementary schools. Utilization of educational technology, one of which is an interactive multimedia tutorial model based on iSpring Suite 10, is an alternative solution to improve learning outcomes for fourth grade elementary school students. This study aims to determine the effectiveness of using interactive multimedia based on iSpring Suite 10 and its improvement in learning outcomes. This research is an experimental research, with a quasi-experimental type, involving class IV of SDN 2 Bungbulang, with a total of 19 research subjects in each class. Based on the results of the pretest and posttest in the experimental class with paired t-test processing, the results of a significance value (2-tailed) were 0.000 or <0.05, indicating a significant increase between the initial variable (pretest) and the final variable (posttest). Based on these results, it can be concluded that interactive multimedia based on iSpring Suite 10 can effectively improve student learning outcomes in thematic learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.