IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) BERBANTUAN APLIKASI ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

Authors

  • Usep Usep Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pembelajaran langsung, ispring suite 10, hasil belajar kognitif dan perkembangan mahluk hidup

Abstract

Implementasi pembelajaran langsung berbantuan Aplikasi ispring perlu dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan korelasional pembelajaran langsung berbantuan aplikasi ispring dengan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi  perkembangan mahluk hidup Kelas IV di SDN 1 Margawati Kecamatan Garut Kota.  Subjek penelitian kelas eksperimen sebanyak 27 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 27 peserta didik.  Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain eksperimen Quasi Eksperimental Design, sedangkan bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Groups Pretest-Postest Design. Hasil penelitian  menunjukkan pembelajaran langsung yang tidak menggunakan  bantuan aplikasi iSpring yaitu rata-rata dari kemampuan awal sebesar 48,89 dengan peningkatan pada kelas kontrol sebesar 0,14  termasuk  kategori “rendah”, kemudian  dalam pembelajaran langsung yang menggunakan  bantuan aplikasi iSpring yaitu rata-rata dari kemampuan awal sebesar 56,67 dan setelah memperoleh perlakuan penelitian mengalami kenaikan menjadi 81,48  dengan peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,5756 termasuk kategori “sedang”.  Terdapat hubungan korelasional pembelajaran langsung berbantuan aplikasi ispring dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi perkembangan mahluk hidup Kelas IV SDN 1 Margawati Kecamatan Garut Kota.

 

Implementation of assisted direct instruction the ispring application needs to be developed to improve students' cognitive learning outcomes. This study aims to determine the correlational relationship of direct learning assisted by the ispring application with an increase in cognitive learning outcomes of students in the material for the development of living things in Class IV at SDN 1 Margawati, Garut Kota District. The experimental class research subjects were 27 students and the control class were 27 students. In this study the researchers used an experimental method with a Quasi-Experimental Design experimental design, while the quasi-experimental design used was the Nonequivalent Groups Pretest-Postest Design. The results showed that direct learning did not use the help of the iSpring application, namely the average initial ability was 48.89 with an increase in the control class of 0.14 including the "low" category, then in direct learning using the help of the iSpring application, the average from the initial ability of 56.67 and after receiving the research treatment it increased to 81.48 with an increase in the experimental class of 0.5756 including the "moderate" category. There is a correlational relationship between direct learning assisted by the ispring application and cognitive learning outcomes of students in the material for the development of living things for Class IV SDN 1 Margawati, Garut Kota District.

Downloads

Published

30-04-2022

How to Cite

Usep, U. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) BERBANTUAN APLIKASI ISPRING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 7(1), 74–89. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/1315

Issue

Section

Articles