PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIFITAS BELAJAR TENTANG PENGEMBANGAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLBN CIPATUJAH KABUPATEN TASIKMALAYA
Keywords:
Project Based Learning berbantuan video, kemandirian dan kreatifitas belajar, pengembangan diriAbstract
Penelitian ini didasari dari fenomena bahwa pembelajaran untuk anak tunagrahita yang selama ini dilakukan belum optimal, hal ini ditunjukkan dengan masih adanya siswa yang belum dapat mencapai standar kemandirian belajar yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian dan kreatifitas belajar anak berkebutuhan khusus melalui project based learning berbantuan video. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design bentuk desain One-Shot Case Study. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Cipatujah yang berjumlah 14 orang peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling population. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Project Based Learning berbantuan video dapat meningkatkan kemandirian dan kreatifitas belajar tentang pengembangan diri anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SLB Negeri Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya
This research is based on the phenomenon that learning for mentally retarded children that has been carried out so far has not been optimal, this is indicated by the presence of students who have not been able to achieve the expected standard of learning independence. The purpose of the study was to determine the increase in the independence and learning creativity of children with special needs through video-assisted project-based learning. This research is an experimental study with a quantitative approach with a Pre Experimental Design in the form of a One-Shot Case Study design. The population and sample of this study were all mentally retarded students at SLB Cipatujah State, totaling 14 students with the sampling technique using population sampling technique. The results showed that the application of video-assisted Project Based Learning can increase independence and creativity in learning about the self-development of children with special needs for mental retardation at SLB Negeri Cipatujah, Tasikmalaya Regency.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.