IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS I-SPRING SUITE 10 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
Keywords:
Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Multimedia Interaktif Berbasis iSpring Suite 10 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk one group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Sukamukti, kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, tahun ajaran 2022/2023. Populasi dan sampel yang digunakan seluruh peserta didik di kelas 2 SDN 3 Sukamukti yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite dengan nilai rata-rata motivasi awal 34,20, motivasi akhir 53,85 dan peningkatannya 0,762 dengan kriteria “tinggi”; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite dengan rata-rata pretest sebesar 46,00, rata-rata nilai posttest 81,75 dan peningkatannya 0,673 dengan kriteria “sedang”; 3) Terdapat pengaruh penerapan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 10 terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik; dan 4) Terdapat pengaruh penerapan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite 10 terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik
This study aims to determine the implementation of iSpring Suite 10-Based Interactive Multimedia to increase student motivation and learning outcomes in thematic learning. This research is an experimental research with a quantitative approach. The design used was Pre-Experimental Design in the form of one group pretest posttest design. This research was conducted at SDN 3 Sukamukti, Banyuresmi sub-district, Garut Regency, academic year 2022/2023. The population and sample used were all students in grade 2 at SDN 3 Sukamukti, totaling 20 people. The results of the study can be concluded: 1) There are differences in students' learning motivation before and after using interactive multimedia based on the iSpring Suite with an average initial motivation score of 34.20, final motivation of 53.85 and an increase of 0.762 with the "high" criteria; 2) There are differences in student learning outcomes before and after using iSpring Suite-based interactive multimedia with an average pretest of 46.00, an average posttest score of 81.75 and an increase of 0.673 with the criteria of "moderate"; 3) There is an influence of the application of interactive multimedia based on iSpring Suite 10 on increasing students' learning motivation; and 4) There is an influence of the application of interactive multimedia based on iSpring Suite 10 on improving student learning outcomes
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.