PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Keywords:
Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Buku Digital Interaktif, Critical Thinking, Problem-Based Learning, Interactive Digital BookAbstract
Proses pembelajaran merupakan salah satu upaya meningkatkan berbagai kemampuan yang harus dimiliki para siswa khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan Fauzaniyyah pada mata pelajaran Kewirausahaan terutama yang menyangkut pada kompetensi kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu upaya untuk mewujudkannya dengan impelemntasi model pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini model pembelajaran yang cocok untuk menangani berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan buku digital interaktif sebagai sarana penunjang pembelajaranya. Terdapat 3 hal yang berkonsentrasi pada penelitian kali ini, yaitu (1) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir siswa pada implementasi pembelajaran berbasis masalah?, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan buku digital interaktif? dan (3) Apakah terdapat perbedaan kemapuan berpikir kritis siswa antara siswa yang memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah berbatuan Buku digital interaktif dengan yang tidak berbatuan buku digital interaktif?
Pembelajaran Berbasis Masalah adalah sebuah pendekatan yang lahir dari adanya perubahan yang sangat mendasar disebabkan pergeseran pandangan dalam memahami bagaimana siswa belajar. Sementara itu Berfikir kritis merupakan salah satu strategi kognitif dalam pemecahan masalah yang lebih kompleks dan menuntut pola yang lebih tinggi. Sebagai sarana pendukung Buku digital Interaktif merupakam versi elektronik dari buku akan tetapi memiliki berbagai keunggulan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang pada dasarnya hampir sama dengan penelitian eksperimen murni dimana dalam penelitian ini menguji pengaruh satu atau lebih variabel terhadap variabel lain. Adapun rancangan penelitian yang akan dilakukan yaitu menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Groups Design. Dimana desain penelitian Nonequivalent Control grup design ini membagi kelompok menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kelas kontrol dan kelompok kelas eksperimen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bisa ditarik kesimpulan bahwa Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan buku digital interaktif pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XII di SMK Fauzaniyyah.
The learning process is one of the efforts to improve various abilities that students must possess, especially in Fauzaniyyah Vocational High School, in Entrepreneurship subjects, especially those concerning the competence of students' critical thinking skills. One of the efforts to make it happen is by implementing a suitable learning model. In this case, the learning model ideal for dealing with various problems related to students' critical thinking skills is to use a problem-based learning approach with the help of interactive digital books to support learning. Do three things concentrate on this research: (1) How to improve students' thinking skills in implementing problem-based learning? (2) How to students improve' critical thinking skills in implementing problem-based learning with the help of interactive digital books? and (3) Are there differences in students' critical thinking abilities between students who receive Problem-Based Learning with interactive digital books and those without interactive digital books?
Problem-Based learning is an approach born from a fundamental change due to a shift in the understanding of how students learn. Meanwhile, critical thinking is one of the cognitive strategies for solving more complex problems and demands a higher pattern. Finally, as a means of support, Interactive digital books are electronic versions of books but have various advantages. In this research, the researcher uses quantitative analysis with a quasi-experimental method, almost the same as pure experimental research. This study examines the effect of one or more variables on other variables. Furthermore, the research design will use the Nonequivalent Control Groups Design research design, where the Nonequivalent Control group research design divides the group into two groups: the control class group and the experimental class group. From the results of the research that has been done, it can be concluded that there is an increase in students' critical thinking skills by using a problem-based learning model with the help of interactive digital books in class XII Entrepreneurship learning at Fauzaniyyah Vocational School.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.