PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DALAM KAITANNYA DENGAN KETERAMPILAN KEWARGANEGANAAN

Authors

  • Sinta Mustika
  • Tetep Tetep Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

persepsi siswa terhadap pembelajaran, keterampilan kewarganegaraan, students' perceptions of learning, civic skills

Abstract

Proses pembelajaran seharusnya tidak lagi menjadi wahana mengajar (teaching) tetapi lebih diarahkan sebagai wahana belajar (learning), karena pembelajaran merupakan proses pendewasaan seseorang. penerapan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan kewarganegaraan civic skill peserta didik. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih daalam tentang penerapan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan kewarganegaraan (civic skill) peserta didik. Dengan adanya penelitian ini bisa menambah literature bagi   lembaga Institut Pendidikan Indonesia dalam bidang kajian  keterampilan kewarganegaraan bagi siswa dalam mata pelajaran PPKn. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang terstruktur, seperti kuesioner, lembar survei atau polling.Hasil analisis didasarkan pada sampel yang merupakan representasi dari populasi. diperoleh berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan mengenai pengaruh persepsi siswa terhadap pembelajaran PPKn dalam kaitannya dengan keterampilan kewarganegaraan siswa di Desa Sukanegla, setelah itu dapat diketahui  terdapat pengaruh yang sedang perubahanya terhadap pengaruh persepsi siswa terhadap pembelajaran PPKn dalam kaitannya dengan keterampilan kewarganegaraan siswa dengan memberikan rangsangan atau memeberikan suatu gambaran kepada siswa tentang kemampuan kewarganegaraan supaya siswa dapat memahami dan mamapu meningkatkan kemampuan siswa dikelas dan mampu menerapkan pada saat dikelas atau diluar kelas dimana siswa memiliki rasa saling tolong menolong ,ikut serta dalam kegiatan gotong royong di lingkungan  sekolah ataupun dilingkungan masyarakat di Desa Sukanegla.

 

The learning process should no longer be a vehicle for teaching (teaching) but more directed as a vehicle for learning, because learning is a process of maturing a person. application of problem solving methods to improve civic skills of students. In general, this study aims to analyze more deeply about the application of problem-solving methods to improve the civic skills of students. With this research, it can add to the literature for the Indonesian Institute of Education in the field of civics skills studies for students in PPKn subjects. The data collection process is carried out using structured instruments, such as questionnaires, survey sheets or polls. The analysis results are based on a sample which is a representation of the population. obtained based on the results of research from a discussion of the effect of student perceptions on PPKn learning in relation to student citizenship skills in Sukanegla Village, after that it can be seen that there is an influence that is changing on the effect of student perceptions on PPKn learning in relation to student citizenship skills by providing stimulation or giving an illustration to students about the ability of citizenship so that students can understand and be able to improve students' abilities in the class and be able to apply it in class or outside the classroom where students have a sense of mutual help, participate in mutual cooperation activities in the school environment or in the community environment in Sukanegla Village.

Downloads

Published

03-07-2024

How to Cite

Mustika, S., & Tetep, T. (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DALAM KAITANNYA DENGAN KETERAMPILAN KEWARGANEGANAAN. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 7(2), 153–162. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/1350

Issue

Section

Articles