PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 1 CISOMPET

Authors

  • Risma Wulansari Institut Pendidikan Indonesia
  • Deni Darmawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jamilah Jamilah Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran Digital Book, Hasil Belajar, Digital Book, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang menyebabkan kurangnya antusiasme peserta didik selama proses pembelajaran jarak jauh , sehingga hasilnya pun menjadi kurang optimal. Fenomena ini dapat dilihat dari kurangnya minat siswa dalam mengerjakan tugas yang dapa t    dilihat dari sedikitnya siswa yang mengumpulkan tugas yang diberikan, serta hasil tes formatif maupun sumatif nilai mata pelajaran IPA sering tidak mencapai nilai KKM, yaitu 70. Hal ini salah satunya dikarenakan pembelajaran yang cenderung monoton dan belum optimal    sehingga membuat siswa tidak maksimal dalam belajar apalagi di Masa   Pandemi Covid-19 seperti ini. Juga faktor dari Guru dalam memilih media belajar belum bervariasi. Masalah lain yang cukup urgen di SMPN 1 Cisompet adalah terbatasnya ketersediaan sumber belajar di sekolah, salah satunya adalah buku pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka judul penelitian ini  adalah “Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar      Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Cisompet”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan sebagai inovasi media pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode pre- eksperimen dengan bentuk pretest posttetst control group design. Sampel  dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.A dan IX.B SMPN 1 Cisompet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, tes dan dokumentasi.

 

This research is motivated because the use of learning media has not been optimal, which causes a lack of enthusiasm of students during the online learning process, so that the results become less than optimal. This phenomenon can be seen from the lack of student interest in doing assignments which can be seen from the few students who collect the given assignments, as well as the results of formative and summative tests, the value of science subjects often does not reach the KKM score, which is 70. monotonous and not optimal so that students are not optimal in learning, especially during the Covid-19 Pandemic Period like this. Also the factors of the teacher in choosing learning media have not varied. Another problem that is quite urgent at SMPN 1 Cisompet is the limited availability of learning resources in schools, one of which is science textbooks. Based on the background of the problem, the title of this research is "Application of Digital Book Learning Media to Improve Student Learning Outcomes for Class IX in Science Subjects at SMPN 1 Cisompet". This study aims to improve student learning outcomes in science subjects and as a learning media innovation. This research method uses a pre-experimental method in the form of a pretest posttest control group design. The sample in this study were students of class IX.A and IX.B SMPN 1 Cisompet. Data collection techniques using direct observation, tests and documentation.

Downloads

Published

03-07-2024

How to Cite

Wulansari, R., Darmawan, D., & Jamilah, J. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 1 CISOMPET. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 7(2), 163–175. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/1351

Issue

Section

Articles