FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KALANGAN MAHASISWA PASCA SARJANA IPI

Authors

  • Novalisma Nur Khakimah Institut Pendidikan Indonesia
  • Nizar Alam Hamdani Institut Pendidikan Indonesia
  • Asep Nurjamin Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Faktor Penghambat

Abstract

Covid-19 mematikan dan melumpuhkan aktivitas kalangan masyarakat, covid juga telah mengubah system Pendidikan di seluruh dunia, yang mengarah ke penutupan sekolah dari jenjang sekolah dasar sampai ke universitas. segala kegiatan seperti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah maupun Universitas harus dilakukan di rumah atau dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kendala pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa program prasca sarjana yang sedang menjalani pendidikan di institut Pendidikan Indonesia (IPI). Subjek penelitian ialah mahasiswa Pasca Sarjana Program Teknologi Pendidikan Angkatan 16 dan 17 yang berdomisili di wilayah Garut, Tasik dan Bandung. Teknik pengambilan data yang peneliti lakukan ialah menggunakan google form dan observasi di dalam kelas online melalui Zoom Meeting. kegiatan pembelajaran jarak jauh, walaupun dinilai cukup efektif, namun bagi beberapa mahasiswa yang tinggal di daerah yang cukup terpencil dianggap menjadi sebuah kendala dikarenakan beberapa faktor. Faktor- faktor tersebut adalah sarana gawai, koneksi internet dan kelancaran komunikasi.

 

Covid-19 kills and paralyzes the activities of the community, Covid has also changed the education system around the world, leading to the closure of schools from elementary schoolto university. all activities such as teaching and learning activities at schools and universitiesmust be carried out at home or conducted online to prevent the spread. This study aims to find out the factors that constrain distance learning for postgraduate students who are currently studying at the Indonesian Institute of Education (IPI). The research subjects werepostgraduate students of the Educational Technology Program year 16 and 17 who live in the Garut, Tasik and Bandung areas. The data collection technique was using google forms and observations in online classes through Zoom Meetings. distance learning activities, although considered quite effective, for some students who live in quite remote areas were considered to be an obstacle due to several factors. These factors were the means of gadgets,internet connection and smooth communication.

Downloads

Published

03-07-2024

How to Cite

Nur Khakimah, N., Alam Hamdani, N., & Nurjamin, A. (2024). FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KALANGAN MAHASISWA PASCA SARJANA IPI. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 7(2), 176–183. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/1352

Issue

Section

Articles