PENGEMBANGAN APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID DI KOTA GARUT

Authors

  • Fahmi Al Ghiffari Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Futsal, Android, Basis Data, Pengembangan Aplikasi

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, futsal menjadi trend untuk berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Dan selama ini pengelola telah mengelola data lapangan, data pelanggan, data jadwal, dan data sewa masih tercatat secara manual dengan tulisan tangan. Begitu juga dengan pelanggan, untuk memesan lapangan pelanggan harus datang langsung ke lapangan untuk melakukan sewa, dan ini hanya membuang waktu. Teknologi informasi saat ini yang sangat populer dan digunakan secara efektif oleh banyak orang adalah telepon seluler. Dengan aplikasi pemrograman yang terintegrasi dengan sistem database, pengguna dapat melakukan pengelolaan secara langsung. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi pengembangan sekuensial limier, yaitu suatu pendekatan pengembangan perangkat lunak secara sistematis. Dan dalam penulisan ini dikembangkan Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Android di Kota Garut dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan database MySQL. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan menurut responden yang memilih sangat setuju dengan jumlah 68%, dan pernyataan bahwa aplikasi ini bermanfaat bagi pengguna menurut responden yang memilih sangat setuju dengan jumlah 60% dan sisanya responden cenderung memilih setuju pada setiap pertanyaan. Dari pengujian install dapat disimpulkan bahwa aplikasi rental lapangan futsal berhasil diinstall dan di-uninstall pada sampel 5 perangkat yang berbeda, sehingga dikatakan layak untuk digunakan. Dengan adanya program ini diharapkan kedepannya dapat mempermudah dalam proses pemesanan dan pengelolaan lapangan futsal.

 

Along with the times, futsal has become a trend for all ages, from children, teenagers to the elderly. And so far the manager has managed field data, customer data, schedule data, and rental data, which are still recorded manually by hand. Likewise with customers, to order a field the customer has to come directly to the field to rent, and this is just a waste of time. Today's information technology that is very popular and is used effectively by many people is the cell phone. With programming applications that are integrated with the database system, users can perform management directly. The research method that will be used in this research is a limier sequential development methodology, which is a systematic software development approach. And in this writing, an Android-based Futsal Field Rental Application in Garut City was developed using the Java programming language and using the MySQL database. After conducting research, it can be concluded that this application is in accordance with the needs according to respondents who chose to strongly agree with the number 68%, and the statement that this application is useful for users according to respondents who chose to strongly agree with the number 60% and the remaining respondents tend to choose to agree on each question. From the install test it can be concluded that the futsal field rental application was successfully installed and uninstalled on a sample of 5 different devices, so it is said to be feasible to use. With this program, it is hoped that in the future it will be able to simplify the process of ordering and managing the futsal field.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Al Ghiffari, F. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS ANDROID DI KOTA GARUT. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 7(2), 202–220. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/1357

Issue

Section

Articles