PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Cucum Institut Pendidikan Indonesia
  • Asep Rohayat Institut Pendidikan Indonesia
  • Maman Rusmana Institut Pendidikan Indonesia
  • Tetep Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran Powerpoint, Motivasi, Hasil Belajar, IPA, Powerpoint Learning Media, Motivation, Learning Outcomes, Science

Abstract

Proses belajar mengajar dengan menggunakan media yang menyenangkan pada pembelajaran seperti program powerpoint dapat meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran siswa. Namun kenyataannya di Sekolah Dasar, pemanfaatan media pembelajaran program powerpoint belum digunakan secara maksimal, khususnya oleh guru-guru di SDN Cisompet 1 Garut. Kemudian permasalahan tersebut dapat merumuskan: 1.Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran program Powerpoint? 2.Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran program Powerpoint? 3. Apakah terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran program Powerpoint dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran program Powerpoint? 4. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran program Powerpoint? 5. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran program Powerpoint? 6. Apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran program Powerpoint dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran program Powerpoint? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Desain penelitian kontrol dengan prates dan pascates. Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN Cisompet 1 Garut. Hasil penelitian disimpulkan : 1. Kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran program powerpoint, peningkatan motivasi belajarnya tidak mengalami perubahan yang signifikan. 2. Kelas yang menggunakan media pembelajaran program powerpoint, peningkatan motivasi belajarnya mengalami perubahan yang signifikan. 3. Perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa antara kelas kelas kontrol dengan kelas eksperimen adalah bahwa kelas eksperimen memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dari kelas kontrol. 4. Kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran program powerpoint, peningkatan hasil belajarnya mengalami perubahan yang signifikan. 5. Kelas yang menggunakan media pembelajaran program powerpoint, peningkatan hasil belajarnya mengalami perubahan yang signifikan. 6. Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen adalah bahwa kelas kontrol mengalami peningkatan yang signifikan sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dan efektif.

The process of teaching and learning by using pleasant media on learning such as powerpoint programs can increase student motivation and learning outcomes. But in reality in elementary school, the use of powerpoint program learning media has not been used optimally, especially by teachers at SDN Cisompet 1 Garut. Then the problem can be formulated: 1. How is the increased learning motivation of students who do not use Powerpoint program learning media? 2. How to improve student learning motivation using Powerpoint program learning media? 3. Are there differences in the improvement of students' learning motivation using Powerpoint program learning media with those who do not use Powerpoint program learning media? 4. How to improve student learning outcomes that do not use learning media Powerpoint program? 5. How to improve student learning outcomes using Powerpoint program learning media? 6. Are there differences in student learning outcomes that use Powerpoint program learning media with those who do not use Powerpoint program learning media? The method used in this research is experimental method. Design research controls with prates and pascates. The population and sample in this study were the fourth grade students of SDN Cisompet 1 Garut. The results of the study concluded: 1. Classes that did not use powerpoint program learning media, increased learning motivation did not experience significant changes. 2. Classes that use powerpoint program learning media, increasing their learning motivation experience significant changes. 3. The difference in increasing student learning motivation between the control class and the experimental class is that the experimental class has a higher learning motivation than the control class. 4. Classes that do not use powerpoint program learning media, increasing learning outcomes experience significant changes. 5. Classes that use powerpoint program learning media, improving learning outcomes experience significant changes. 6. The difference in increasing learning outcomes of control class students with the experimental class is that the control class has a significant increase while the experimental class has a significant and effective improvement.

References

Abdulhak, I. & Darmawan, D. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung : Rosda.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Rosdakarya.

Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A., (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.

Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.

Darmawan, D., Setiawati, L. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. India: International Journal of Applied Engineering Research. ISSN 0973-4562 Volume 10, Number 16 (2015) pp 37206-37210.

Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2018). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018.562.573.

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.

Gumawang. 2005. Belajar Mandiri Microsof Office Powerpoint 2007. Jakarta; Elex Media Komputindo.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Mayer. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Miarso, B. 2009. Teknologi pembelajaran: landasan & aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.

Patmanthara & Machfud. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Multisimulasi dan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Konsep Elektronika Digital. Jurnal Teknodik, 11. Vol No.2 Des.

Rosita, T. 1997. Belajar dan Pembalajaran. Jakarta: Depdiknas.

Ruseffendi. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan 7 Bidang Non Ekstra Lainnya. Tarsito : Bandung.

Sadiman, dkk. 1984. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saefudin. 2018. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

____________. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Seels, B.A., & Richey, R.C. (1994). Instructional technology: the definitions and domains of the field. Washington D.C.: Association for Educational Communication & Technology.

Sudjana, N. 2010. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharmanto. 2006. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Sundayana, R. 2013. Statistika Penelitian Pendidikan. STKIP Garut Press : Garut.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.

Surya, M. 2013. Psikologi Guru, konsep dan aplikasi dari guru untuk guru. Bandung : Alfabeta.

Syamsudin, A. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tim DBT STKIP Garut. 2013. Pedoman Penulisan Tesis. Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana. Garut : STKIP Garut.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahono. 2007. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Warsita, B. 2008. Teknologi pembelajaran: landasan & aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

07-12-2024

How to Cite

Cucum, Asep Rohayat, Maman Rusmana, & Tetep. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 8(1), 418–440. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/2156

Issue

Section

Articles