PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN SITUGEDE 4 KECAMATAN KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT
Keywords:
Metode Jigsaw, Menulis Karangan Narasi, Jigsaw Method, Writing Narrative EssayAbstract
Penelitian ini membahas permasalahan mengenai penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran menulis karangan narasi di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Dalam hal ini, peneliti berlaku sebagai human instrument dan menggunakan teknik pengumpulan data participant observation (observasi berperan serta) dan in depth interview (wawancara mendalam). Data yang dianalisis berupa hasil karangan narasi siswa, yang didapatkan dari hasil pemberian pretest dan posttest. Untuk menormalkan hasil pretest, peneliti memberikan pengajaran dengan metode ceramah interaktif. Kemudian, siswa diikutsertakan dalam pembelajaran menggunakan metode Jigsaw untuk kemudian diberikan posttest. Data kuantitatif yang didapatkan dari penelitian ini didistribusikan ke dalam sebuah rubrik, yang kelak hasilnya dipaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai pretest siswa memiliki rata-rata sebesar 70,24 dan nilai posttest sebesar 74,20. Telah terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Jigsaw. Hal ini bisa diartikan bahwa metode Jigsaw cukup memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, utamanya menulis karangan narasi.
The aim of this research is about the implementation of Jigsaw method in writing narrative essay at the 4th grade elementary school. The goal of this research is to increase students’ capability in writing the narrative essay. The methodology of this research is qualitative method. This is mean that the researcher acts as the human instrument and uses the participant observation as the data collection and does some depth interview. The data that analyzed in this researcher are the students’ narrative essays that get from pretest and posttest. To normalize the pretest result, the researcher held the teaching-learning process by the interactive discourse. Then the students learn the same material through the Jigsaw method. After the teaching-learning held, the posttest is given. The quantitative data at this research will be analyzed with the rubric and the result will be explained descriptively. Based on the data analysis, the rate of the pretest are 74,20 while the rare of the posttest are 74,20. Based on that, we can see that the students’ capability in writing narrative essay is increasing after they learned the way to write narrative essay through Jigsaw method. It means that Jigsaw method gave the positive influence to students’ result in writing the narrative essay.
References
Amri, Safan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta. PT Prestasi Pustaka Publisher.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan, D., et.all. (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.
Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.
Darmawan, D., Setiawati, L. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. India: International Journal of Applied Engineering Research. ISSN 0973-4562 Volume 10, Number 16 (2015) pp 37206-37210.
Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2018). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018.562.573.
DePotter, Bobbi. 2010. Quantum Learner Fokuskan Energimu Dapatkan yang Kamu Inginkan. Bandung. Mizan Media Utama.
DePotter, Bobbi. 2010. Quantum Writer Menulis dengan Mudah, Fun, dan Hasil memuaskan. Bandung. Mizan Media Utama.
Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.
Goleman, Daniel. (2000). Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Ibrahim, H. M., dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA, University Press.
Irwanto. (1997). Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Lie, Anita. (2002). Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo.
Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana
Muhibbin, Syah. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.
Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo
Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Konstektual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Saphiro, Lawrence E. (1998). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta: Gramedia
Silberman, Mel. (1998). Active Learning, (Terjemahan). Jakarta: Yappendis
Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Asdi Mahasatya
Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
STKIP Garut (2009). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Garut: STKIP
Suryabrata, Sumadi.(1998). Metodologi Penelitian. Cetakan sebelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suryabrata, Sumadi. (1998) Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sutanto, A. (2001). Pembelajaran Kooperatif. Semarang: Balai Penataran Guru
Tjundjing, Sia,. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1
Winkel, WS. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Wirawan, Sarlito. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.