PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN SINTESIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE
Keywords:
articulate, multimedia, Biologi, perubahan lingkungan, biology, environmental changeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan multimedia berbantuan aplikasi articulate dalam meningkatkan kemampuan analisis dan sintesis siswa pada pembelajaran biologi pokok bahasan perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIPA I dan X MIPA 2, dengan jumlah siswa seluruhnya 64 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan chi kuadrat, uji perbandingan dua sampel. Hasil penelitian ini adalah 1) penggunaan Multimedia berbantuan aplikasi Articulate dapat meningkatkan Kemampuan Analisis siswa pada pembelajaran Biologi pokok bahasan Perubahan Lingkungan, 2) terdapat perbedaan peningkatan Kemampuan Analisis antara siswa yang menggunakan Multimedia berbantuan aplikasi Articulate dengan siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan Multimedia berbantuan aplikasi Articulate pada pembelajaran Biologi pokok bahasan Perubahan Lingkungan, 3) penggunaan Multimedia berbantuan aplikasi Articulate dapat meningkatkan Kemampuan Sintesis siswa pada pembelajaran Biologi pokok bahasan Perubahan Lingkungan, 4) terdapat perbedaan peningkatan Kemampuan Sintesis antara siswa yang menggunakan Multimedia berbantuan aplikasi Articulate dengan siswa yang tanpa menggunakan Multimedia berbantuan aplikasi Articulate pada pembelajaran Biologi pokok bahasan Perubahan Lingkungan.
This study aims to determine the effectiveness of the use of multimedia assisted articulate applications in improving students' analytical skills and synthesis in biology learning subject to environmental change. The research method used was quasi-experimental with a quantitative approach. The samples taken were two classes, namely class X MIPA I and X MIPA 2, with a total of 64 students. Data collection techniques used by the test. Data were analyzed using chi squared, two sample comparison tests. The results of this study are 1) the use of multimedia assisted by Articulate applications can improve the ability of students' analysis on learning biology subject to environmental change, 2) there is a difference in the increase in ability analysis between students who use multimedia assisted by articulate applications with students who learn without using multimedia assisted by Articulate applications on Biology learning subject to Environmental Change, 3) the use of Multimedia assisted by Articulate applications can improve students' Synthesis Ability in learning Biology subject of Environmental Change, 4) there is a difference in improvement of Synthesis Ability between students using Multimedia assisted by Articulate applications with students without using Multimedia assisted applications Articulate on learning Biology subject to Environmental Change.
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A. (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231. DOI: 10.3844/ojbsci.2017 .226.231
Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.
Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2018). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018.562.573.
Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.
Kattsoff, O. L. (1986). Pengantar FIlsafat. Alih Bahasa Soejono Soemargono. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.
Rusman.( 2009) Model-model Multimedia Interaktif Berbasis Komputer. P3MP. UPI.
Rustaman et al. (2003) Strategi belajar Mengajar. Bandung:UPI
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
___________ (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana Prenadamedia Group.
___________ (2011)., Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana. (2005). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya.
Sudjana,Nana dan Rivai, ahmad. (2009). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Argesindo.
Sugiyono, (2010). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
___________. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.