EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ISPRING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Nia Kurnia Institut Pendidikan Indonesia
  • Deni Darmawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maskur Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Multimedia Pembelajaran, Motivasi Hasil Belajar, Multimedia Learning, Motivation of Learning Outcomes

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini diantaranya adalah dunia pendidikan yang selalu dituntut untuk meningkatkan mutu kualitas proses pembelajaran. Salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran adalah memanfaatkan multimedia pembelajaran yang relevan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, yaitu : “Apakah terdapat efektivitas pembelajaran dengan menggunakan multimedia interakatif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab ?”. Polpulasi yang diambil adalah peserta didik MTs Al-Manaar Pameungpeuk yang mendapatkan pembelajaran bahasa Arab materi Dlomir. Sampel yang diambil adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 32 orang, dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol denang jumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode Quasi Eksperimen dengan desain kontrol group pre test and post test. Isntrumen pengumpulan data untuk motivasi belajar menggunakan skala dengan empat pilihan jawaban pendapat, sedangkan untuk hasil belajar dilakukan menggunakan objektif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan prangkat lunak SPSS versi 16 dan MS Excel 2010. Kesimpulan umum hasil penelitian ini adalah terdapat efektivitas pemanfaatan multimedia pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab. Hasil temuan ini memberikan rekomendasi kepada Guru dan Peneliti selanjutnya dalam memanfaatkan multimedia pembelajaran interaktif.

The background of this research is world education which is always needed to improve the quality of learning. One way to improve the quality of learning is the use of relevant learning multimedia in learning activities. This research answers the research problems that have been formulated, namely: "Is there learning by using interactive multimedia in increasing the motivation and learning outcomes of students in Arabic Language Lessons?". The presumed polpulation is the students of Al-Manaar Pameungpeuk MTs who are studying Arabic on Dlomir material. The samples taken were class VII-A as an experimental class with a total of 32 students, and class VII-B as a control class for the number of 32 people. This study uses a quantitative approach, Quasi Experiment method with group control design pre test and post test. The instrument uses data to learn using a scale with four answer choices, while for learning is done using an objective. Hypothesis testing used a trial with SPSS version 16 and MS Excel 2010. This research was conducted to find out what students did. These findings provide information to Teachers and Researchers in the use of interactive multimedia.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Asyad. (2003). Manajemen Pendidikan. Jakarta PT. Rineka Cipta.

Commonwealth Educational Media Centre for Asia, (2003). Educational Multimedia A Handbook for Teacher-Developers. Graphic Shield, New Delhi.

Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.

Darmawan, D., Setiawati, L. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. India: International Journal of Applied Engineering Research. ISSN 0973-4562 Volume 10, Number 16 (2015) pp 37206-37210.

Darmawan, D., Ruyadi., Y., Abduh, Z.W., Hufad,A. (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.

Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2017). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018. 562.573.

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik Teknologgi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D. (2013). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1997) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Balai Pustaka.

Diana, S. (2013). Motivation in Education.Learning Development Institute Aichi Universities English Education Research Journal. 29 (2013): 51-72. Trans. Mitsuo Kondo.

Hernawati. (2010). I Spring Dalam Pembelajaran. Garut: Tesis Pascasarjana Teknologi Pendidikan STKIP.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Ryanto, (2010). Metode Penarikan Sampel: ALFABETA.

Susilana (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Insan Cendekia.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy

Downloads

Published

30-03-2018

How to Cite

Nia Kurnia, Deni Darmawan, & Maskur. (2018). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ISPRING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 8(1), 458–468. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/2159

Issue

Section

Articles