PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Sifa Robi’ah Adawiyah Institut Pendidikan Indonesia
  • Nizar Alam Hamdani Institut Pendidikan Indonesia
  • Deni Darmawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mega Adhisty Noordiana Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Understanding, Critical Thinking, Movies Media

Abstract

Penelitian ini menguji masalah pemahaman siswa dan berpikir kritis yang menggunakan film dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan pengambilan purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTS. Darul Asyiqin Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemahaman dan pemikiran kritis siswa yang berpikir bentuk. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas. 2) meningkatkan siswa berpikir kritis yang menggunakan media film lebih baik daripada siswa berpikir kritis yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pelajaran bahasa Inggris di kelas. Berdasarkan hasil penelitian, film dapat meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis pada siswa, maka kegiatan pembelajaran yang disarankan memberikan lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk kemampuan diri perusahaan. Film-film media dapat melakukan modifikasi dan adaptasi sesuai dengan situasi dan kondisi proses belajar mengajar.

This research was examines the issue of increasing the ability of students understanding and critical thinking who use media movies with students who use conventional learning methods. This research use quasi experiments with the taking purposive sampling. The population of this research are all students of class VIII in MTS. Darul Asyiqin The sample of this research is grade VIII A. Instruments used in this research in the form of a test of the ability of students understanding and critical thinking question form. Data analysis carried out quantitatively.The research shows: 1) An increase in the understanding of the students who use the media of movies better than students who use conventional learning on English subject in class. 2) Increased critical thinking students who use the media of movies better than the increase of critical thinking students who use conventional learning on English subject in class. Based on the results of research, movies media can increase comprehension and critical thinking in students, then the recommended learning activities done more giving opportunities to students for self's corporate capabilities. The movies media can do the modification and adaptation according the situation and condition of the teaching and learning process.

References

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmawan, D. (2017). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Darmawan, D., Setiawati, L. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. India: International Journal of Applied Engineering Research. ISSN 0973-4562 Volume 10, Number 16 (2015) pp 37206-37210.

Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A., (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communi-cation Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.

Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.

Darawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2018). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp. 2018.562.573

Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) .(2017), pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.

Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: Rosda.

Fisher, Alec. Ahli Bahasa Hadinata, Benyamin. (2009) Berpikir kritis sebuah pengantar/ critical thinking.Jakarta: Erlangga

Harmer, J. (2004). How to Teach English. Longman: Cambridge University Press.

Januszewski, A. 2001. Educational Technology The Development of a Concept. New York: Libraries Unlimeted, inc.

Makmun, Abin S. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.

Mulyana, Y. (2015). Penggunaan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa dalam Pembelajaran. e-Journal Universitas Indonesia, 1.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.

Hamdani. (2011). Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Keterampilam Menulis Cerpen Siswa Kelas X2 SMA Negeri 1 Tampaksiring. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 1.

Priyanto, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogyakarta: Ar-ruzz Media.

Priyanto, D. (2004). Peran Teknologi Pembelajaran dalam Memecahkan Masalah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, April 2006. 11 (1), 3-19

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

--------------- (2002). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukiman, (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Bahan Ajar: Pascasarjana STKIP.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana dan M. A., Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Susilana dan Riyana. (2008). Media Pembelajaran (Hakikat, Pengembangan, Pemafaatan, dan Penilaian). Bandung: FIP UPI.

Setyosari. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsita, Bambang. (2008). Teknlogi Pembelajaran Landassan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

30-03-2018

How to Cite

Sifa Robi’ah Adawiyah, Nizar Alam Hamdani, Deni Darmawan, & Mega Adhisty Noordiana. (2018). PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 8(1), 486–495. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/2162

Issue

Section

Articles