STRATEGI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN LINIER MENGGUNAKAN METODE GRAFIK DAN SIMPLEKS
Keywords:
pemrograman linier, grafik, simpleks, geogebra, qm for windows, linear programming, graphic, simplexAbstract
Persoalan pemrograman linier merupakan suatu persoalan untuk menentukan besarnya masing-masing nilai variabel sehingga nilai fungsi tujuan atau objektif yang linier menjadi optimum, yaitu memaksimalkan atau meminimumkan, dengan memperhatikan kendala. Metode grafik dapat digunakan untuk pemecahan masalah pemrograman linear yang memiliki dua variabel. Sedangkan metode Simpleks merupakan salah satu teknik penyelesaian dalam pemrograman linier yang umumnya sebagai teknik pengambilan keputusan dalam permasalahan yang berhubungan dengan pengalokasian sumberdaya secara optimal yang meliputi banyak pertidaksamaan dan banyak variabel. Untuk memahami persoalan pemrograman linier, diperlukan suatu strategi pembelajaran dimana penyelesaiannya menggunakan teknik uraian dan analisis Matematika. Untuk reaksi cepat dan masalah yang sangat kompleks, persoalan pemrograman linier dapat diselesaikan dengan memanfaatkan aplikasi GeoGebra atau QM for Windows.
The problem of linear programming is an issue to determine the value of each variable so that the objective function is optimum, i.e. maximize or minimize, by considering the constraints. Graphical methods can be used for linear programming problem solving that has two variables. While Simplex method is one of solution technique in linear programming which generally as a decision making technique in problem related to optimal allocation of resources that covering many inequality and many variables. To understand the problem of linear programming, it is necessary to learn a strategy where the solution using technique description and mathematics analysis are needed. For quick reactions and very complex issues, linear programming problems can be solved by using GeoGebra or QM for Windows applications.
References
Aminuddin. (2005). Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta Erlangga.
Dantzig, G. B. (2002). Linear Programming. Operation Research, 50 (1), 42-47.
Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A., (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.
Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2017). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018. 562.573.
Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.
Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.
Geogebra Math Apps. https://www.geogebra.org/ [accessed 23 Feb 2017].
Harahap, E. (2017). Buku Ajar: Pemrograman Linier. Program Studi Matematika FMIPA Universitas Islam Bandung.
Harahap, E. (2016). Buku Ajar: Geometri Transformasi dengan GeoGebra. Program Studi Matematika FMIPA Universitas Islam Bandung.
Merlyana, Abbas B.S., (2008). Sistem Informasi Untuk Optimalisasi Produksi dan Maksimasi Keuntungan Menggunakan Metode Linear Programming. Jurnal Piranti Warta. Vol 11(3). Hal 370-387.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.
Sitorus, P. (1997). Program Linier. Universitas Trisakti Jakarta.
Supranto, J. (1998). Riset Operasi untuk Pengambilan Keputusan. Universitas Indonesia, Jakarta.
Wulandari, C., D., 2011, Analisa Maksimalisasi Keuntungan Dengan Menggunakan Metode Simpleks, UG Jurnal, Vol.6 No. 06 Tahun 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.