EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN

Authors

  • Hamzah Akhmad Badarudin Institut Pendidikan Indonesia
  • Mohammad Surya Institut Pendidikan Indonesia
  • Akhmad Margana Institut Pendidikan Indonesia
  • Yuniar Purwanti Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Multimedia, Hasil Praktik Siswa, Student Practice Results

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Efektivitas Penggunaan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Quasi Experimental Design, Yaitu Desain Yang Mempunyai Kelompok Kontrol, tetapi tidak sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Hasil penelitian di dapat data pada nilai N-gain didapat rata-rata (mean) N-gain kelas ekperimen sebesar 0.56 nilai rata-rata (mean) N-gain kelas kontrol sebesar 0,422, nilai t hitung sebesar 3,015 berada di luar nilai t tabel ( 0.030 dan 0.148) berada di bawah taraf signifikansi  = 0,05.Sedangkan perubahan nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,56., maka dapat disimpulkan terdapat efektifitas penggunaan multimedia dalam upaya peningkatan hasil belajar praktek siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 4 Garut

This Research Aims To Know The Effectiveness Of Using Multimedia To Improve Learning Outcomes Of Light Vehicle Engine Maintenance Practices. The research method used is Quasi Experimental Design, which is a design that has a control group, but cannot be used for influential variables. The results of the study can get the data on the average N-gain value (average) of the N-gain of the experimental class of 0.56 the average value (average) of the control class N-gain of 0.422, the t count value of 3,015 is outside the t table value (0,030 and 0,148) below the significance level  = 0,05. The N-gain exchange rate in the experimental class is 0.56. So, it can be concluded that there is an effective use of multimedia. light vehicles at SMK 4 Garut.

References

Ariani dan Haryanto (2010). Pembelajaran Multimedia Di Sekolah. Jakarta

Bintoro (2013), Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Semester 1 SMK kelas XI, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung : PT. Rosdakarya.

Darmawan, D., Setiawati, L. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. India: International Journal of Applied Engineering Research. ISSN 0973-4562 Volume 10, Number 16 (2015) pp 37206-37210.

Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A., (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.

Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.

Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2017). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018. 562.573.

Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) .(2017), pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.

Hamalik, O.(2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Ketut, Widisila, Naswan Suharsono, I Made Kirna (2014). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Memperbaiki Poros Penggerak Roda Untuk Kelas Xi Teknik Otomotif Smk Neger 1 Nusa Penida. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Teknologi Pembelajaran (Volume 4 Tahun 2014).

Kementrian pendidikan dan kebudayaan P4TK (2014), Materi pelatihan Guru Impelentasi Kurikulum 2013.

Nur’aini, Indah L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.

Sanjaya wina, (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

-----------------, 2009, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana (2012), Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar, Bandung. PT. Rosdakarya.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunarto. (2009). Pembelajaran konvensional banyak dikritik namun paling disukai.(online). Tersedia: http://sunartombs.wordpress.com

Surya, Mohammad. (2004). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi, Bandung: Alfabet.

-----------------, (2004) Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran Bandung. Pustaka Bani Quraisy

Wena Made ( 2012), Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta, Bumi Aksara

Downloads

Published

30-03-2018

How to Cite

Hamzah Akhmad Badarudin, Mohammad Surya, Akhmad Margana, & Yuniar Purwanti. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 8(1), 515–524. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/2165

Issue

Section

Articles