PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PRESENTASI FLASH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG HUKUM NEWTON PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMAN 4 GARUT TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Rubi Yulianti Institut Pendidikan Indonesia
  • Nizar Alam Hamdani Institut Pendidikan Indonesia
  • Hudiana Hernawan Institut Pendidikan Indonesia
  • Jamilah Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Media Presentasi Flash,, Hukum 1 Newton, Contextual Learning, Flash Media Presentation, 1 Newton Law

Abstract

Masalah penelitian ini : 1.Bagaimanakah pemahaman siswa tentang Hukum Newton pada mata pelajaran fisika di kelas X SMAN 4 Garut yang menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media presentasi Flash? ; 2.Bagaimanakah pemahaman siswa tentang Hukum Newton pada mata pelajaran fisika di kelas X SMAN 4 Garut yang tidak menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media presentasi Flash?; 3.Apakah terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media presentasi Flash dengan siswa yang tidak menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan Flash?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran model kontekstual berbantuan media presentasi Flash di kelas X SMAN 4 Garut serta pengaruhnya terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang Hukum 1 Newton. Metode penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol prates dan pascates. Instrumen yang digunakan pedoman observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dan di kelas X MIPA-2 sebagai kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pemahaman siswa tentang Hukum 1 Newton di kelas eksperimen mengalami perubahan yang baik dan signifikan.; 2) Pemahaman siswa tentang Hukum 1 Newton di kelas kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan; 3) Terdapat perbedaan pemahaman yang signifikan antara siswa yang menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan media presentasi Flash dengan yang tidak menerapkan pembelajaran kontekstual berbantuan Flash

This research problem: 1. How does the student's understanding of Newton's Law on physics subjects in class X of SMAN 4 Garut apply contextual learning assisted by Flash presentation media? ; 2. How does the student's understanding of Newton's Law on physics subjects in class X SMAN 4 Garut not apply contextual learning assisted by Flash presentation media ?; 3. Are there significant differences between students who apply contextual learning assisted by Flash presentation media with students who do not apply Flash-assisted contextual learning? The purpose of this study was to determine the contextual learning process assisted by Flash presentation media in class X of SMAN 4 Garut and its effect on increasing students' understanding of the Law of 1 Newton. Experimental research method with the design of pre-test and post-test control groups. Instruments used by observation and test guidelines. The study was conducted in class X MIPA-1 as an experimental class and in class X MIPA-2 as a control. The results showed that: 1) Students' understanding of Law 1 Newton in the experimental class experienced a good and significant change; 2) Students' understanding of the Law of 1 Newton in the control class did not experience significant changes; 3) There is a significant difference in understanding between students who apply contextual learning assisted by Flash presentation media with those who do not apply Flash-assisted contextual learning.

References

Abdulhak, I. & Darmawan, D. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda.

Akmapala. (2012). Pengertian Pemahaman. Terdapat dalam; http://akmapala09. blogspot.com/2012/04/pengetian-pemahaman-menurut-para-ahli.html.tanggal akses: 4 April 2012.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Anderson R.B. (1992). The instructive animation: helping students build connections between words and picture in multimedia learning. Journal of Educational Psychology 84 (1): 444-452.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Rosdakarya.

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning: Teori dn Desain. Bandung: Rosda.

Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda.

Darmawan, D., Setiawati, L. (2015). Developing Integrated Management Information System in Research: A Study at the Institute for Research and Community Services of Universitas Pendidikan Indonesia. India: International Journal of Applied Engineering Research. ISSN 0973-4562 Volume 10, Number 16 (2015) pp 37206-37210.

Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A., (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.

Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2017). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018. 562.573.

Darmawan, D. (2012). Biological Communication Through ICT Implementation: New Paradigm in Communication and Information Technology for Accelerated Learning. Germany: Lambert Academic Publishing Germany.

Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan, Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung : Remaja Rosda karya.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdikbud. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Fokusmedia.

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

Djamarah, (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.

Hernawati, K. (2011). ModulPelatihanIspring Presenter.Terdapatdalam :http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/kuswari-hernawati-ssi-mkom/modul-ispring-presenter.pdf. tanggalakses: 17 Mei 2012.

Iksan. (2009). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Kanisius: Yogyakarta.

Ismail, M. (2003). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung persada Press.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama: Bandung.

Mayer. (2009). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Gaung Persada Press.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda karya.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pendekatan Saintifik.

Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas No.506 Tahun 2004 Tentang Indikator Pemahaman.

Sadiman, dkk. (1984). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

__________ (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

____________. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metodedan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sudaryono. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Sudijono. (2009). Strategi BelajarMengajar. Jakarta : RinekaCipta.

Sudjana, N. (2010). Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

________. (2012). Menjadi Guru: Saripati Pengalaman Lima puluh Tahun Berhidmat Sebagai Guru. Bandung: Buletin Mitra Surya.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

30-03-2018

How to Cite

Rubi Yulianti, Nizar Alam Hamdani, Hudiana Hernawan, & Jamilah. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PRESENTASI FLASH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA TENTANG HUKUM NEWTON PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMAN 4 GARUT TAHUN AJARAN 2014/2015. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 8(1), 539–562. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/2167

Issue

Section

Articles