PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOLABORATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI PAMINGGIR 07 GARUT KOTA

Authors

  • Ida Farida Institut Pendidikan Indonesia
  • Doddy Hermana Institut Pendidikan Indonesia
  • Akhmad Margana Institut Pendidikan Indonesia
  • Endang Dimyati Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Kolaboratif, Prestasi Belajar, Matematika, Collaborative, Learning Achievement, Mathematics

Abstract

Masalah yang diungkap pada penelitian ini terdiri atas : 1) Bagaimana penggunaan pembelajaran model kolaboratif dikelas V Sekolah Dasar Negeri Paminggir 07 Garut Kota? 2) Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran dengan model kolaborasi terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V SDN Paminggir 07 Garut Kota?. Tujuan penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tentang proses dan hasil yang dicapai dari penerapan strategi pembelajaran model kolaboratif di kelas V SDN Paminggir 07 Garut Kota. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain kontrol eksperimen Instrument yang digunakan yaitu melalui tes dan angket. Hasil yang dicapai setelah melakukan penelitian di lapangan adalah 1) Prestasi belajar siswa sebelum menggunakan model kolaboratif nilai KKM Matematika (7,50). Hal ini terlihat dari data penelitian yang dilakukan pada saat prates, diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 5,71 dan 5,92. 2). Prestasi belajar siswa sesudah menggunakan model kolaboratif mencukui nilai KKM Matematika. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas yaitu kelas eksperimen (kelas V.A) dari 5,71 meningkat menjadi 8,61.3) pengujuan t-hitung = 3,526 > t tabel = 2,0003 jadi Ho ditolak dan Ha diterima maka terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan pembelajaran model Kolaboratif.

The problem revealed in this study consists of: 1) How is the use of collaborative learning model in class V Paminggir Public Elementary School 07 Garut Kota? 2) What is the influence of the learning strategy with the collaboration model on student achievement in mathematics in class V SDN Paminggir 07 Garut Kota ?. The purpose of this study is to find out about the process and results achieved from the application of collaborative model learning strategies in class V SDN Paminggir 07 Garut Kota. The approach used quantitatively with the experimental research method with Instrument experimental control design used is through tests and questionnaires. The results achieved after conducting research in the field are 1) student learning achievement before using a collaborative model of the value of Mathematics KKM (7.50). This can be seen from the research data conducted at the time of pre-test, obtained by the average grade of 5.71 and 5.92. 2). Student learning achievement after using a collaborative model of learning the value of Math KKM. This can be seen from the class average value of the experimental class (VA class) from 5.71 to 8.61.3) target t-count = 3.526> t table = 2,0003 so Ho is rejected and Ha is accepted then there is a difference in achievement improvement significant learning between students who were treated with students who were not treated with learning Collaborative models.

References

Abdulah, P. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor : Ghalia Indonesia.

Abdulhak, I. & Darmawan, D. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung : Rosda.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Rosdakarya.

Darmawan, D. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A., (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231.

Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.

Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2017). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018. 562.573.

Darmawan, D.,(2012). Biological Communication Behavior through Information Technology Implementa tion in Learning Accelerated. Int. J. Communications, Network and System Sciences, 2012, 5, 454-462http://dx.doi.org/10.4236/ijcns.2012.58056

Darmawan, D. (2012). Biological Communication Through ICT Implementation: New Paradigm in Communication and Information Technology for Accelerated Learning. Germany: Lambert Academic Publishing Germany.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah. 1994. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Kanisius: Yogyakarta.

Djumransjah. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.

Johnson. 2012. Collaborative Learning. Bandung: Nusa Media.

Miarso, B. 2009. Teknologi pembelajaran: landasan & aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.

Ruseffendi. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Ekstra Lainnya. Bandung : Tarsito.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesinalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

____________. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

____________. 2013. Penelitian Pendidikan : Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Silberman. 2006. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Sobur, M. 2003. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Kanisius: Yogyakarta.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.

________. 2012. Menjadi Guru : Saripati Pengalaman Limapuluh Tahun Berhidmat Sebagai Guru. Bandung : Buletin Mitra Surya.

Tafsir, A. 2005. Mendidik Anak Secara Islam. Jakarta: Gema Insani Press

Downloads

Published

30-03-2018

How to Cite

Ida Farida, Doddy Hermana, Akhmad Margana, & Endang Dimyati. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOLABORATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI PAMINGGIR 07 GARUT KOTA. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 8(1), 563–581. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/2168

Issue

Section

Articles