Efektivitas Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa (Pada Konsep Ekosistem

Authors

  • Ai Wina Nuraina Institut pendidikan indonesia garut
  • De Budi Irwan Taofik Institut pendidikan indonesia garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i1.1529

Keywords:

Strategi Everyone Is a Teacher Here, Gain Ternormalisasi,, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Everyone Is a Teacher Here
terhadap konsep ekosistem. Desain penelitian ini One Group Pretest Posttest Design. Metode
penelitian pre-experimental, populasinya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayongbong
sebanyak 9 kelas, sampelnya yaitu kelas VII-B, tekhnik pengambilan sampel secara
purposive sampling. Tekhnik pengolahan data menggunakan kriteria Nurgana, KKM sekolah
penelitian, Gain Ternormalisasi dan Rata-rata tingkat Penguasaan/ RTP . Berdasarkan hasil
post-test yang didapat 28 siswa memperoleh nilai 75 dengan persentase 77,78% melampaui
75% maka penerapan strategi Everyone Is a Teacher Here pada konsep ekosistem adalah
efektif. Gain Ternormalisasi menunjukkan hasil yang baik, dengan persentase 52,78% pada
kategori baik, 41,67% pada kategori sedang dan 5,55% pada kategori rendah, rata-rata
Gain=0,637 berada pada kategori sedang. RTP menunjukkan hasil yang sangat baik dengan
tercapainya 84,72% berada pada kriteria tinggi.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Ai Wina Nuraina, & De Budi Irwan Taofik. (2024). Efektivitas Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa (Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1). https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i1.1529

Issue

Section

Articles