PENGARUH MODUL DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP PROTISTA MIRIP HEWAN
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i1.1712Keywords:
hasil belajar, modul digital, media pembelajaran, protistaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul digital terhadap hasil belajar siswa
dengan sub konsep Protista Mirip Hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi
Experiment (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design kepada 66
partisipan secara between subject (pemberian perlakuan yang berbeda pada masing-masing
kelompok). Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik, dimana uji hipotesisnya
menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan asymp sig.(2-tailed) sebesar 0,000.
Karena 0,000 < α = 0,05 , maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh modul digital terhadap hasil
belajarsiswa kelas X MIPA. Data yang diperoleh di analisis menggunakan metode analisis uji gain
ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa penggunaan pengaplikasian modul
digital dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan media dengan modul digital dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen ( ̅= 0,20). Sedangkan pada kelompok
kontrol yang hanya diberikan media seperti biasa yaitu power point mengalami penurunan ( ̅= -
0,02). Berdasarkan hasil uji gain ternormalisasi, kelompok eksperimen masuk kedalam kriteria
rendah ( ̅= 0,20 < 0,30) sedangkan kelompok kontrol masuk kedalam kriteria terjadi penurunan ( ̅
= -0,02 < 0,00).