PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) MELALUI VIDEO CONFERENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP JAMUR DI SMAN 6 GARUT
Keywords:
Strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA)., hasil belajar, jamurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran giving
question and getting answer (GQGA) dan seberapa besar pengaruh strategi
pembelajaran GQGA melalui video conference terhadap hasil belajar siswa pada konsep
jamur di SMAN 6 Garut. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental
(eksperimen semu) dengan sifat asosiatif dan menggunakan rancangan eskperimen Non
Equivalen Pretest-Posttes Group Design. Sampel dalam penelitian diambil dua kelas
dengan cara acak kelompok (Random Sampling) yaitu kelas X MIPA 6 (kelompok
eksperimen) dan kelas X MIPA 7 (kelompok kontrol) dengan jumlah siswa sebanyak
53. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif (pilihan
ganda) sebanyak 35 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh skor rata-rata
hasil post-test siswa pada kelompok eksperimen (dengan menggunakan strategi
pembelajaran GQGA) adalah 83,37 dan skor rata-rata hasil post-test kelompok kontrol
(dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional) adalah 70,61. Teknik
analisis data menggunakan uji parametrik, yaitu uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil
penelitian menunjukkan nilai Sig 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak atau Ha diterima
artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer
(GQGA) melalui video conference terhadap hasil belajar siswa pada konsep jamur di
SMAN 6 Garut. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi
pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar
siswa menggunakan uji gain ternormalisasi pada kelompok eksperimen yang
menggunakan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer didapatkan
nilai rata-rata sebesar 61,9028 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol dengan
menggunakan pembelajaran konvensional yaitu sebesar 35,8633. Maka besarnya
pengaruh strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) sebesar
26, 0395 angka.