Pengembangan Buku Saku IPA Berbasis Learning Cycle Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

Authors

  • Syarifah Sheila Azmi
  • Ahmad Shafwan S.Pulungan

Keywords:

Buku saku, Learning cycle

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Buku Saku IPA berbasis learning cycle pada materi sistem ekskresi manusia yang layak diterapkan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP Negeri 40 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, angket penilaian respon guru, angket respon peserta didik dan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap buku saku IPA berbasis learning cycle. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Dari hasil analisis data diperoleh validasi ahli materi sebesar 91% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media 80,20% dengan kategori “Layak”, dan ahli pembelajaran 96,64% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian Respon guru IPA sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik setelah menggunakan buku saku sebesar 97% termasuk kategori “Baik”. Sedangkan pada hasil tes peserta didik melakukan pretes dan postest sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,71 termasuk kategori tinggi dan efektif. 

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Syarifah Sheila Azmi, & Ahmad Shafwan S.Pulungan. (2023). Pengembangan Buku Saku IPA Berbasis Learning Cycle Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 45–54. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/349

Issue

Section

Articles