Pengaruh Pupuk Organik Cair Limbah Rendaman Kulit Bawang Merah (Allium cepa) dan Cangkang Telur Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.)

Authors

  • Astrid susilawati
  • Lida amalia
  • Diah ika putri

Keywords:

Pupuk organik cair, Bawang merah, Cangkang telur

Abstract

Limbah cangkang telur dan kulit bawang merah merupakan salah satu sampah rumah tangga yang jarang dimanfaatkan oleh masyarakat. Kandungan Kalium dan Fosfor yang terdapat pada kulit bawang merah dan CaCO3 pada cangkang telur dapat dimanfaatkan menjadi Pupuk Organik Cair (POC). Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh pupuk organik cair limbah rendaman kulit bawang merah dan cangkang telur dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). 2) mengetahui konsentrasi yang paling optimum untuk pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bayongbong-Garut pada bulan Desember 2022 sampai dengan bulan Februari 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor yaitu konsentrasi POC dengan 6 perlakuan (konsentrasi 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10% dan 12,5%) dan 4 ulangan. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POC limbah rendaman kulit bawang merah dan cangkang telur memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy. Dilihat dari parameter yang diteliti menggunakan uji ANOVA, tinggi tanaman dan jumlah daun menunjukkan pengaruh yang signifikan, sedangkan berat segar tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Konsentrasi 10% merupakan yang paling optimal untuk pertumbuhan tanaman pakcoy, dibandingkan dengan perlakuan lain dan kontrol. Kata Kunci: Bawang merah, Limbah cangkang telur, Pakcoy (Brassica rapa L.), dan Pupuk Organik Cair (POC).

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Astrid susilawati, Lida amalia, & Diah ika putri. (2023). Pengaruh Pupuk Organik Cair Limbah Rendaman Kulit Bawang Merah (Allium cepa) dan Cangkang Telur Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.). Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 55–64. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/350

Issue

Section

Articles