Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran 5M Berbasis NGSS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Authors

  • Rahmita Politeknik Kesehatan Megarezky
  • Sitti Rahbiah Akram Politeknik Kesehatan Megarezky
  • Hairudin Politeknik Kesehatan Megarezky

Keywords:

5M, Pemecahan masalah, NGSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran 5M berbasis NGSS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi energi dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dan menggunakan model one group pretest posttest design. Penelitian ini tidak menggunakan kelas pembanding tetapi menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh penggunaan model 5M berbasis NGSS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Depok. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknil simple random sampling yang menghasilkan terpilihnya kelas VII B yang berjumlah 31 peserta didik sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji gain score dan uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 49.395 dan nilai ratat-rata posttest sebesar 70.362, hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 20.967. Hasil uji N-Gain berada dalam kategori sedang dengan nilai sebesar 0.41 atau 41%. Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan model pembelajaran 5M berbasis NGSS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Depok. 

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Rahmita, Sitti Rahbiah Akram, & Hairudin. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran 5M Berbasis NGSS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 65–72. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/351

Issue

Section

Articles