Author Guidelines
Judul Ditulis dalam Bahasa Indonesia/Bahasa Inggris [Cambria, 12pt]
Author1, Author2 [ Cambria, 11pt]
Institution1, Institution2 [Cambria, 11pt]
Abstract
Ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, maksimal 150 kata, font Cambria 10pt, spasi 1. Abstrak menguraikan latar belakang, tujuan, metode penelitian (jika penelitian), hasil kajian atau penelitian, dan simpulan.
Keywords: Kata kunci 3-5 kata dengan tanda pisah koma (,) [10pt]
Abstrak
Abstrak dalam bahasa Indonesia mengikuti kaidah dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Kata kunci: Kata kunci 3-5 kata dengan tanda pisah koma (,) [10pt]
PENDAHULUAN
Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, font Cambria 11pt, spasi 1. Bagian pendahuluan sebanyak 500-1000 kata. Pada bagian pendahuluan, diuraikan pemasalahan yang menjadi latar belakang kegiatan/kajian/penelitian, diantaranya dapat mendeskripsikan fenomena permasalahan yang diamati, kondisi nyata yang diperoleh yang dapat ditunjang dengan beberapa teori. Bagian selanjutnya dapat dipaparkan data-data ataupun fakta-fakta yang mendukung kegiatan/kajian/penelitian maupun gagasan pemikiran. Kemudian dapat dipaparkan rumusan masalah dan tujuan dilakukannya kegiatan/kajian/penelitian. Literatur dapat dituliskan secara terintegrasi pada bagian ini. Penulisan literatur dapat dituliskan nama dan tahun sebagai berikut, Mutaqin (2022) menyatakan bahwa......., atau Classroom Research adalah.....(Mutaqin, 2022).
METODE
Bagian ini disajikan maksimal 300 kata. Bagian ini dipaparkan pendekatan dan/atau metode pelaksanaan kegiatan pengabdianyang digunakan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini sebanyak 800-1500 kata. Pada bagian pembahasan, diuraikan hasil kajian/penelitian/kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan hubungannya dengan kerangka teori atau kajian empirik terdahulu. Pada bagian ini dapat mnyertakan tabel dan gambar secara ringkas. Contoh penyajian tabel dan gambar sebagai berikut.
Tabel 1. ………
Aspek |
Skor Rata-rata |
||
|
KE1 |
KE2 |
KK |
Mengamati |
2.94 |
2.38 |
2.21 |
Mengelompokkan |
2.14 |
1.82 |
0.99 |
Menerapkan |
3.04 |
2.72 |
1.95 |
Meramalkan |
2.13 |
1.61 |
0.68 |
Menafsirkan |
3.00 |
2.73 |
2.15 |
Mengkomunikasikan |
3.58 |
3.24 |
2.39 |
Gambar 1. Dokumentasi Kegiatan
PENUTUP
Bagian ini maksimal 200 kata. Menyajikan simpulan hasil kajian, implikasi serta rekomendasi lebih lanjut yang menjadi prospek kajian/penelitian berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Literatur yang digunakan 50% menggunakan literatur berasal dari jurnal nasional dan internasional maksimal 10 tahun terakhir. Tata cara penulisan daftar mengikuti aturan APA. APA merupakan kependekan dari American Psychological Association, sehingga APA Styles merupakan salah satu bentuk sitasi yang dikeluarkan oleh organisasi APA terutama untuk bidang psikologi dan sosial. Beberapa ciri gaya penulisan sitiran dari APA Styles adalah: (1) Daftar Pustaka diurutkan alfabetis berdasarkan Nama Belakang Penulis atau Judul apabila tidak ada penulis; (2) Nama depan penulis ditulis sebagai inisial; (3) Apabila ada penulis sama dalam daftar pustaka ditulis berurutan dari tahun yang paling lama; (4) Bisa ditambahkan huruf a, b, c setelah tahun. Beberapa contoh sebagai berikut:
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.
Isoda, M., & Olfos, R. (2021). Teaching Multiplication with Lesson Study: Japanese and Ibero-American Theories for International Mathematics Education (p. 296). Springer Nature.
Kemendikbud, S. J. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Krishnaiah, P. R. (Ed.). (1980). A Hand Book of Statistics (Vol. 1). Motilal Banarsidass Publishe.
Mutaqin, E. J., Salimi, M., Asyari, L., & Hamdani, N. A. (2021, July). Realistic mathematics education approach on teaching geometry in primary schools: Collaborative action research. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1987, No. 1, p. 012031). IOP Publishing.
Mutaqin, E. J., Asyari, L., Gunawan, D., & Nugraha, W. S. (2020). Alternative Learning Design During The New Habit Adaptation Period (Akb) In Elementary School. Pekemas: Journal of Community Service, 3(2), 1-6.
Nasional, D. P. (2008). Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bhs. Indones. Jakarta Pus. Bhs.
Suryaningrat, E. F., Muslihah, N. N., & Tiawati, L. (2021). Analisis metode jari magic (jarimatika) dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan motivasi belajar siswa. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 29-41.
Tempo, K. (2008). Maret 30. Industri TV Lebih Banyak Dikelola Pedagang. Koran Tempo, 8-9.