Sosialisasi Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Aparatur Pemerintahan Desa Cibeureyeuh Kec. Conggeang Kabupaten Sumedang

Authors

  • Yena Sumayana Universitas Sebelas April
  • Aulia Akbar Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.31980/badranaya.v2i01.1330

Keywords:

Sosialisasi, Pelayanan Prima, Aparatur Pemerintah

Abstract

Pelayanan prima (Service excellent) adalah usaha melayani kebutuhan orang lain. Munculnya komplain atau keluahan dari masyarakat/pelanggan merupakan salah satu indicator ketidakpuasan mereka terhadap pelayanan Lembaga atau kinerja pegawai. Kegiatan melayani adalah kegiatan yang bersifat tidak berwujud yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang dilayani, salah satunya pelayanan yang dilakukan oleh para aparatur pemerintah Desa Cibeureuyeuh. Para aparatur desa harus memiliki kesadaran moral yang didasari oleh integritas dalam melayani masyarakat. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan, aparatur pemerintah desa masih belum menerima dan menyadari bahwa mereka bertugas di instansi penyelenggara pelayanan publik. Mereka masih saja menganggap bahwa dirinya adalah orang yang sangat berkuasa atas jabatannya tersebut, mereka lupa pada fungsi dan tugasnya yaitu melayani masyarakat yang datang kepadanya. Oleh karena itu, dalam implementasi Pengabdian pada Masyarakat ini, diharapkan para pegawai/aparatur pemerintah di Desa Cibeureuyeuh dapat semakin meningkatkan pelayanan prima (service excellentnya) dalam melayani masyarakat di wilayahnya baik pelayanan secara langsung maupun tidak langsung.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Yena Sumayana, & Akbar, A. (2024). Sosialisasi Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Aparatur Pemerintahan Desa Cibeureyeuh Kec. Conggeang Kabupaten Sumedang. Badranaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 34–37. https://doi.org/10.31980/badranaya.v2i01.1330

Issue

Section

Articles