Peran Parenting Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

Authors

  • Nabella Alani Institut Pendidikan Indonesia
  • Eko Fajar Suryaningrat Institut Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Nurjamaludin Institut Pendidikan Indonesia
  • Fitri Ayu Febrianti Institut Pendidikan Indonesia
  • Maulida Aulia Rahman Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/badranaya.v3i1.2228

Keywords:

Motivasi belajar, pola asuh, love languages, words of affirmation, quality time, physical touch, act of services, receiving gifts

Abstract

Motivasi belajar menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran.Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak ialah pola asuh orang tua, orang tuahendaknya mengetahui kebutuhan bahasa kasih dari anaknya. Bahasa kasih sayang terdiri dari 5 diantaranya (1) Kata-Kata Pendukung/Words of affirmation, (2) Waktu Berkualitas/Quality Time, (3) Sentuhan Fisik/Physical Touch, (4) Pelayanan/Act of Service, (5) Menerima hadiah/Receiving Gifts.Setiap orang tua harus mengetahui kebutuhan bahasa kasih anak, agar dapat memberikan perlakuan yang tepat sehingga berdampak baik pada motivasi belajarnya.

Downloads

Published

2025-04-12

How to Cite

Alani, N., Suryaningrat, E. F., Nurjamaludin, M., Febrianti, F. A., & Rahman, M. A. (2025). Peran Parenting Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Badranaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 01–06. https://doi.org/10.31980/badranaya.v3i1.2228